Karomani Sebut Anak Wapres dan Mantan Kajagung Titip Mahasiswa

Karomani Sebut Anak Wapres dan Mantan Kajagung Titip Mahasiswa

Karomani saat melihat daftar barang bukti yang ditampilkan KPK. Foto anca--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Nama anak Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin yang bernama Siti Ma'rifah disebut turut menitipkan mahasiswa melalui mantan Rektor Karomani untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila). 

Hal itu terungkap ketika Karomani menjadi saksi untuk terdakwa Heryandi mantan Warek I Unila dan Muhammad Basri mantan Ketua Senat Unila dalam kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Kamis 6 April 2023. 

Fakta baru tersebut terungkap ketika jaksa penuntut umum KPK menampilkan tabel daftar titipan mahasiswa. 

Majelis Hakim Achmad Rifai kemudian bertanya perihal anak wapres yang muncul di dalam urutan 12 tabel mahasiswa titipan tersebut.

BACA JUGA:Kegiatan Eksyrakulikuler Sekolah di Mesuji Ditiadakan Selama Bulan Ramadhan

Mahasiswa titipan anak wapres itu berinisial MFJ dengan keterangan pilihan pertama Pendidikan Kedokteran Unila dan pilihan kedua UINJ Prodi Kedokteran.

"Ada anak Wapres, itu siapa anak Wapres?" tanya Hakim Achmad Rifai seraya meminta jaksa untuk memperdalam keterangan tersebut.

Agus Prasetya Raharja jaksa KPK kemudian memperdalam dengan menanyakan langsung kepada Karomani. "Coba saudara jelaskan, anak Wapres ini petinggi negara kita?" ujar jaksa Agus Raharja. 

Karomani membenarkan anak Wapres RI yang bernama Siti Ma'rifah pernah menitipkan mahasiswa kepada dirinya.

BACA JUGA:Resmi, Rektor Unila Lantik 7 Pejabat Baru 

"Siti Ma'rifah kalau tidak salah namanya, dia waktu itu titip ke saya, katanya anak kawannya atau ponakannya saya lupa. Bukan Wapresnya, tapi anak kandungnya pak Wapres karena sama-sama orang Banten," ungkapnya. 

Karomani mengatakan, titipan anak wapres itu tidak lulus melalui jalur SBMPTN, namun lulus di jalur mandiri. 

Karomani mengaku anak wapres tidak memberikan apa-apa atas lulusnya mahasiswa itu. "Tidak memberikan apa-apa," ungkapnya. 

Bukan hanya anak Wapres, Karomani juga mengakui mantan Jaksa Agung, HM Prasetyo juga turut menitipkan calon mahasiswa berinisial PNR di Unila. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: