Alhamdulillah, BLT Dana Desa Rp 300 Tahap I Sudah Cair, Cek Sekarang

Alhamdulillah, BLT Dana Desa Rp 300 Tahap I Sudah Cair, Cek Sekarang

Resmi! BLT Dana Desa 2023 Cair Rp900 Ribu, Cek Cara Daftar dan Aturan Barunya Di Sini--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap I sebesar Rp 300 ribu tahun 2023 untuk masyarakat miskin atau kurang mampu telah disalurkan ke masing-masing wilayah.

Sebagaimana dilansir dalam situs resmi sistem informasi sid.kemendesa.go.id, tercatat sebanyak 74.960 desa di Indonesia sudah menerima BLT Dana Desa yang telah disalurkan ke wilayah masing-masing.

Sejauh ini pada proses pencairan BLT Dana Desa yang diberikan kepada masyarakat miskin akan disalurkan secara bertahap sebesar Rp 300 ribu setiap bulannya selama tiga bulan.

Adapun BLT Dana Desa tahun 2023 hanya akan diberikan oleh para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang namanya sudah di data dan melakukan tahap survei oleh perangkat Desa.

BACA JUGA: Disnaker Tanggamus Buka Posko THR Minggu Depan, Ada Masalah, Langsung Lapor!

BACA JUGA: Catat! Ini Katagori Pekerja yang Tidak Mendapatkan THR Lebaran 2023

Survei dan pendataan ini sangat penting dilakukan untuk bisa menilai apakah masyarakat tersebut layak atau tidak dalam menerima BLT Desa 2023 sebesar Rp 300 ribu.

Di mana, calon penerima BLT Dana Desa ini haruslah sesuai dengan katagori yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar tepat sasaran dalam proses penyalurannya.

Seperti diketahui, BLT Dana Desa akan diberikan untuk katagori golongan masyarakat yang tidak memiliki perkerjaan dan dalam keadaan miskin ekstrem dengan penghasilan tak menentu.

Selain itu, jika tidak masuk katagori miskin ekstrem BLT Dana Desa 2023 juga diberikan kepada masyarakat yang memiliki keluarga lanjut usia dan Difabel.

BACA JUGA: Masih Diminta Foto Kopi Berkas saat Berobat? Peserta BPJS Bisa Lapor ke Nomor Ini

BACA JUGA: Berikut Tips Ampuh untuk Lolos CPNS 2023 Sekolah Kedinasan

BLT Dana Desa juga akan diberikan kepada para KPM yang kehilangan mata pencarian.

Kemudian keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis, tapi belum menerima bantuan sama sekali dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: