Jangan Salah Masuk Pelabuhan! Kemenhub Tetapkan Lokasi Penyeberangan Sumatera-Jawa Berdasar Jenis Kendaraan

Jangan Salah Masuk Pelabuhan! Kemenhub Tetapkan Lokasi Penyeberangan Sumatera-Jawa Berdasar Jenis Kendaraan

Kemenhub menerbitkan kebijakan baru terkait rute pelabuhan untuk arus mudik 2023 yang dibagi berdasarkan jenis kendaraan. FOTO TANGKAP LAYAR @KEMENHUB151--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan kebijakan baru mengenai rute pelabuhan untuk arus mudik 2023 yang dibagi berdasarkan jenis kendaraan.

Keputusan bersama ini telah disepakati oleh Dirjen Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI dan Dirjen Bina Marga dalam Nomor KP-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB /48/IV/2023 05/PKS/DB/2023.

Ini terkait Pengaturan Lalu Lintas Jalan dan Penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan Lebaran 2023.

Guna mengurangi kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Kemenhub telah menetapkan Pelabuhan Merak hanya boleh dilewati kendaraan roda empat dan mobil bus.

BACA JUGA: Simak, Begini 3 Skema Manajemen Lalu Lintas Selama Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran 2023

Sedangkan, bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan jenis sepeda motor dan truk, telah dipindahkan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Ciwandan.

Maka dari itu, bagi para pemudik yang akan melintasi Pulau Jawa dan Sumatera melalui penyeberangan Merak-Bakauheni jangan sampai salah dalam menggunakan kendaraan ketika melintasi pelabuhan.

Adapun fasilitas yang telah disediakan di Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang yang bakal digunakan arus mudik 2023 tahun ini yakni lahan parkir, tempat menunggu dan toilet.

Dilansir dari instagram resmi Kemenhub, kebijakan rute pelabuhan pengangkut pemudik Lebaran 2023 akan mulai diberlakukan pada 15 April  sampai dengan 1 Mei 2023.

BACA JUGA: Catat! Ini Jalur Pembatasan Operasional Angkutan Barang Lebaran 2023 di Sumatera, Jawa dan Bali

Berikut mekanisme yang telah disiapkan dan dibagj oleh Kemenhub berdasarkan jenis lalu lintas kendaraan dan rute tujuannya pada arus mudik 2023.

1. Tujuan Sumatera dari Jawa

- Pengguna kendaraan roda empat dan bus akan melalui Pelabuhan Merak.

- Kendaraan barang dan sepeda motor akan melalui Pelabuhan Ciwandan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: