Persiapan Mudik Lebaran, Satlantas Polres Mesuji Gelar Ramp Cek Angkutan Umum

Persiapan Mudik Lebaran, Satlantas Polres Mesuji Gelar Ramp Cek Angkutan Umum

Polres Mesuji melaksanakan cek kendaraan jelang lebaran. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka persiapan pelaksanaan angkutan umum Idul Fitri 1444 Hijriah, Satlantas Polres Mesuji bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji melakukan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) atau Ramp Check di Simpang Selamat Datang, Desa Brabasan, Tanjung Raya, Kamis 13 April 2023.

Kasat Lantas Polres Mesuji Iptu Wahyu Dwi Kristanto mengatakan, Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) atau Ramp Check ini guna meningkatkan dan mewujudkan peningkatan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) khususnya angkutan umum (orang) pada mudik Lebaran 2023.

BACA JUGA:Ada Operasi Densus 88, Kapolda Minta Jajarannya Tetap Waspada

"Ramp check dilaksanakan oleh para Personil Satlantas dan Dishub untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan umum," jelasnya.

Selain itu dia menjelaskan, adapun pengecekan tersebut mulai dari dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan dan teknis laik jalan.

BACA JUGA:Ada Kejahatan, Warga Tanggamus Bisa Hubungi Nomor Ini, Tekab 308 Langsung Bergerak

Pertama, unsur administrasi berupa Bukti Lulus Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM dan STNK. 

Kedua, unsur teknis utama berupa sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan.

BACA JUGA:Gara-gara Uang Rp 100 Ribu, Pegawai PLN Ditembak Hingga Tewas

"Selanjutnya unsur teknis penunjang berupa pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, perlengkapan tanggap darurat," jelasnya.

Dan kegiatan Ramp Check ini, juga menyampaikan masukan kepada pengemudi angkutan umum agar para pengemudi dapat tetap menjaga kondisi kendaraan dalam keadaan laik jalan dan yang terpenting para pengemudi dalam mengemudikan kendaraan harus dalam kondisi fit dan tidak terpengaruh oleh minuman keras atau narkoba.

BACA JUGA:Asyik Pesta Narkoba, Pasangan Bukan Pasutri Diciduk Polisi

"Kami berharap kepada para pengemudi atau sopir untuk mematuhi peraturan yang terkait dengan berlalu lintas di jalan. Sehingga diharapkan akan terciptanya kesehatan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: