Memanas, Dua Fraksi Minfa BK Panggil Ketua DPRD

Memanas, Dua Fraksi Minfa BK Panggil Ketua DPRD

Rapat paripurna DPRD Tubaba. Foto Dok--

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Polemik pengusulan satu nama calon penjabat Bupati Tulang Bawang Barat (TUBABA) Provinsi Lampung, semakin memanas. Tadi Selasa, 18 April 2023, dua fraksi di DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat menyampaikan interupsi di tengah sidang paripurna.

Kedua fraksi itu meminta agar Badan Kehormatan (BK) dewan setempat segera memanggil Ketua DPRD Panco Nugroho ST. Itu setelah sebelumnya Ponco berjanji akan menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2022, Selasa (18/04/2023).

Namun faktanya hingga paripurna usai, Ponco juga tidak menghadiri rapat tersebut. Seyogyanya Ponco menghadiri rapat tersebut dengan harapan agar dapat langsung mengklarifikasi polemik yang kian hari makin memanas. 

Sebab dalam permasalahan ini, Fraksi Nasdem dan Fraksi Hanura-Perindo serta Fraksi Demokrat yang juga mengusung nama Zaidirina sebagai calon pejabat Bupati Tulang Bawang Barat.

Namun sayangnya Ponco diduga kuat hanya mengusung satu nama di luar Zaidirina. Dampaknya, fraksi tersebut merasa suaranya di begal di tengah jalan. 

Ketidakhadiran Ponco Nugroho inilah yang juga menjadi salah satu penyebab berangnya sejumlah anggota DPRD dari Fraksi Nasdem dan Fraksi Hanura-Perindo. 

Karenanya mereka meminta agar DPRD kabupaten setempat dapat mengambil langkah yang cepat dan tepat.

"Kami tidak ada masalah siapapun yang menjadi pejabat Bupati Tubaba ini. Namun yang menjadi pertanyaan kami mengapa hanya satu nama yang diajukan di luar Zaidirina yang merupakan aspirasi dari fraksi kami," ungkap Roni SH juru bicara Fraksi Hanura-Perindo sesaat menjelang paripurna diakhiri. 

Setidaknya menurut Roni, ketua DPRD dapat melakukan musyawarah untuk mufakat dalam menentukan langkah-langkah yang akan diambilnya.

"Tapi sangat disayangkan ternyata Pak Ketua saudara Ponco Nugroho tidak menggunakan langkah itu. Karenanya kami merasa suara kami tidak di akomodir,"terang Roni dalam paripurna yang juga dihadiri oleh penjabat Bupati Tubaba, Forkopimda dan puluhan tamu undangan yang hadir di gedung dewan setempat. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Fraksi Nasdem Hi. Sobri MM. Sobri meminta agar Badan Kehormatan DPRD benar-benar melakukan langkah konkret, sehingga dapat memanggil Ketua DPRD Ponco Nugroho dalam forum tersebut.

"Permasalahan ini bukan ada unsur lain. Namun kami meminta agar ketua DPRD mematuhi aturan yang ada, sebab yang kita ikuti adalah aturan dan ketentuan perundang-undangan," ungkap mantan Sekdakab Tuba ini. 

Menurutnya, Ponco sudah menciderai, melukai azas demokrasi didalam lembaga DPRD dan mengesampingkan suara partai politik dalam hal ini partai NasDem. Serta telah terjadi kelalaian tata tertib DPRD, pasal 1, ayat 5 dan 8. 

Sobri melanjutkan, Fraksi partai NasDem menilai Pj Bupati Tubaba, Zaidirina Wardoyo layak untuk melanjutkan kepemimpinan sampai tahun berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: