Meski Cuaca Panas Begitu Ekstrim, Lahan Gambut di Mesuji Masih Basah

Meski Cuaca Panas Begitu Ekstrim, Lahan Gambut di Mesuji Masih Basah

Foto dokumentasi dari FB Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Mesuji saat melakukan pemadaman kebakaran beberapa waktu lalu.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Lahan gambut di Kabupaten Mesuji masih terjaga tingkat kebasahannya meski saat ini suhu udara panas ekstrim sedang melanda.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemadaman kebakaran, Evakuasi dan Sarana prasarana (Damkartan Mesuji) Feri antomi pada radarlampung.co.id Kamis 27 April 2023.

"Iya untuk saat ini lahan gambut yang ada di Kabupaten Mesuji tingkat kebasahannya masih terjaga, sebab masih banyak rumput yang hijau dan air resapan yang ada," tambahnya.

Menurutnya Feri dari tujuh Kecamatan yang ada di Mesuji lahan gambut paling banyak berada di tiga Kecamatan yaitu Rawajitu Utara, Kecamatan Mesuji Timur, dan Kecamatan Tanjung Raya.

Sedangkan untuk Kecamatan yang lain seperti Kecamatan Way Serdang, Simpang Pematang, Panca Jaya, dan Kecamatan Mesuji, banyak lahan tidur.

Dia menjelaskan, lahan gambut di Kabupaten Mesuji memang rentan terjadi kebakaran khususnya di musim kemarau. Beruntung belakangan ini meskipun suhu cuaca panas ekstrim hujan masih sering turun.

Walaupun hujan masih sering turun dan lahan gambut basah, pihaknya tetap fokus pencegahan dan memberikan imbauan kepada Masyarakat. 

Sedangkan untuk cuaca panas dan ekstrim saat ini untuk wilayah Kabupaten Mesuji belum termasuk titik rawan nasional. Tetapi karena cuaca ektrim dapat berubah sewaktu - sewaktu sesuai putaran angin maka kita harus tetap waspada.

Sedangkan untuk cuaca panas di tahun ini di wilayah Kabupaten Mesuji kemungkinan dibulan Juli, Agustus yang paling banyak waktu kemarau. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: