Maksimalkan Potensi Dengan Membentuk Desa Wisata di Tanggamus

Maksimalkan Potensi Dengan Membentuk Desa Wisata di Tanggamus

Pesisir pantai laut Teluk Semaka, Tanggamus memiliki panorama alam yang indah. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BACA JUGA: Simak Yuk, Beberapa Tempat Wisata Pantai di Lampung Ini Begitu Indah

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanggamus juga mengambil langkah menggandeng konsultan bidang pariwisata guna memberikan pendampingan.

Kepala Disparbud Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, sembilan pekon yang ditetapkan sebagai desa wisata adalah Pekon Kiluan di Negeri Kecamatan Kelumbayan.

Kemudian Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka; Sidokaton, Kecamatan Gisting; Pekon Kampung Baru di  Kecamatan Kotaagung Timur dan Pekon Putihdoh, Kecamatan Cukuhbalak.

Selanjutnya Pekon Sumbermulyo di Kecamatan Sumberejo; Pekon Sukamaju dan Pekon Muara Dua Kecamatan Ulubelu. 

BACA JUGA: Berikut Rekomendasi 5 Oleh-oleh yang Wajib Dibawa dari Lampung

Penetapan sembilan desa wisata tersebut tertuang melalui Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor B.195/39/08/2021 tentang penetapan desa/pekon wisata Kabupaten Tanggamus.

"Tahap awal, dua desa wisata yang akan kita berikan pendampingan agar lebih berkembang, yaitu Pekon Kampung Baru yang memiliki destinasi wisata airterjun Way Lalaan,” kata Retno.

Kemudian Pekon Sumbermulyo yang ada di Kecamatan Sumberejo yang memiliki Dusun Sailing, tempat kerajinan kain tenun Lampung. 

Retno Noviana mengungkapkan, dua pekon tersebut memiliki potensi untuk lebih dikembangkan agar bisa menjadi destinasi wisata unggulan.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Penginapan di Lampung yang Berkonsep Syariah

"Kami ingin dua pekon tersebut menjadi destinasi wisata unggulan. Dengan begitu para turis, baik lokal maupun internasional dapat tertarik berkunjung," tegas Retno.

Dilanjutkan, dalam membangun sebuah desa wisata dibutuhkan pendampingan oleh tenaga ahli. Khususnya terkait penguatan sumber daya manusia (SDM). 

Karena itu, Disparbud menggandeng Indonesian Fighter Tourism Association (IFTA) guna memberikan pembinaan, sehingga wisata yang ada di pekon layak dijual.

"Kita kerjasama dengan IFTA untuk lebih mengeksplore destinasi wisata yang ada di Tanggamus,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: