Simak! 10 Manfaat Teh Gaharu dan Cara Membuatnya, Nomor 9 Baik untuk Pria

Simak! 10 Manfaat Teh Gaharu dan Cara Membuatnya, Nomor 9 Baik untuk Pria

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita menggunakan bahan herbal untuk menyembuhkan berbagaia penyakit. Salah satunya, teh daun gaharu.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sejak zaman dulu, nenek moyang kita menggunakan bahan herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya, teh daun gaharu.

Dari berbagai literatur islam, teh daun gaharu biasa sering disebutkan seperti pada sahih muslim dijadikan salah satu obat.

Salah satunya, dalam kitab Al-Qanun Fi Tib karangan Ibnu Sina yang merupakan seorang tokoh kedokteran modern yang menyebutkan bahwa daun teh gaharu dapat menyembuhkan penyakit yang ada pada tubuh manusia.

Tanaman teh daun gaharu ini, memiliki nama lain aquilaria malaccensis yang banyak ditemukan di daratan Asia.

BACA JUGA:Ratusan Pelajar Berbaris di Jalan Ryacudu Sambut Jokowi

Di Indonesia, tanaman gaharu banyak ditemukan di daerah Kalimantan dan Sumatra.

Bahkan, tanaman ini, sempat booming di budidyakan di wilayah Provinsi Lampung termasuk Kabupaten Lampung Timur.  Sebagian besar masyarakat menanam gaharu untuk diambil gubal atau bagian getah yang membeku.

Berdasarkan situs Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI,  Komposisi kimia dalam gubal gaharu dapat memberikan manfaat tersendiri. Seperti sebagai parfum, obat batuk, anti bakteri, anti jamur, dan insektisida.

Selain gubal, tanaman gaharu juga menghasilkan daun yang bermanfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:Kulit Wajah Terlihat Kusam karena Memakai Sunscreen? Apa yang Salah, Simak Ini Penjelasannya

1. Sebagai Anti Depresi

Perlu diketahui, pada ekstrak benzene dalam manfaat teh daun gaharu, memiliki beberapa kegunaan untuk sistem syaraf pusat sebagai anti depresi pada saraf.

Hal ini dikarenakan, gaharu mengandung senyawa aktif agarospirol, yakni memiliki kegunaan sebagai antidepresi yang bisa menekan sistem syaraf pusat yang menyebabkan ketenangan dan bisa mengembalikan kebugaran tubuh.

2. Teh Daun Gaharu Sebagai Anti Penuaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: