Ciri-ciri dan Tanda Kemunculan Imam Mahdi Menjelang Kiamat Menurut Hadist Shahih

Ciri-ciri dan Tanda Kemunculan Imam Mahdi Menjelang Kiamat Menurut Hadist Shahih

Nama Imam Mahdi ramai diperbincangkan setelah munculnya berbagai fenomena alam. ILUSTRASI/FOTO NET--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Imam Mahdi menjadi sosok yang sering disebut oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW dalam hadist nya sebagai salah satu tanda-tanda kiamat.

Sosok kemunculan Imam Mahdi menjadi salah satu dari beberapa tanda-tanda kiamat yang kerap muncul dalam hadist-hadist shahih.

Dalam beberapa hadist shahih Imam Mahdi benar-benar diyakini, bahkan menjadi salah satu penegasan dari Rasulullah SAW dalam beberapa hadist tentang tanda-tanda kiamat.

Lalu bagaimana ciri-ciri dan tanda kemunculan Imam Mahdi menjelang hari kiamat nanti? 

BACA JUGA:Benarkah Kemunculan Imam Mahdi Tanda Hari Kiamat Sudah Dekat?

Menurut pendapat beberapa ulama muslim, Imam Mahdi akan lahir di Madinah, Saudi Arabia.

Diriwayatkan Abu Nu'aim dari Hammad dari Ali bin Abi Thalib r.a. Al-Qurthubi yang menyampaikan bahwa dalam Ar-Tadzkirah kelahiran Imam Mahdi akan terjadi di Negeri Maghreb.

Beberapa ulama lain berpendapat bahwa Imam Mahdi akan lahir di Andalusia.

Hadist riwayat yang lebih shahih menyampaikan bahwa kelahiran Imam Mahdi akan terjadi di Madinah Al-Munawwarah.

BACA JUGA:Mengenal Imam Mahdi dan Tanda-Tanda Kiamat

Dalam beberapa riwayat hadist shahih, Imam Mahdi memiliki ciri-ciri seorang pria dengan wajah yang bersinar, berjenggot lebat, mata bercelak, mempunyai lesung pipi di sebelah kanan beliau, gigi depan berkilau, wajahnya berseri-seri, hidungnya mancung, berdahi lebar, beraroma paling harum, dan berperawakan sedang.

Selain itu, kedua kakinya jenjang dan memiliki warna kulit seperti selayaknya warna kulit orang Arab. Di pundaknya memiliki tanda yang mirip dan dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW.

Pada lidah Imam Mahdi terdapat suatu kekeluan. Jika beliau mengalami kesulitan saat berbicara, dia akan segera menepuk paha kiri dengan tangan kanannya. Usianya berkisar sekitar 40 tahun.

Kemudian pada pundaknya terdapat suatu tanda seperti yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Kedua kakinya jenjang, warna kulitnya seperti layaknya warna kulit orang Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: