Gubernur Target Tambah WTP, Pansus Siap Action

Gubernur Target Tambah WTP, Pansus Siap Action

SUASANA RAPAT PARIPURNA DPRD LAMPUNG DALAM PENYERAHAN LHP BPK RI ATAS LKPD PROVINSI LAMPUNG TA 2022-FOTO AGUNG BUDIARTO/RADARLAMPUNG.CO.ID-

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi target tambah Opini WTP, Pansus DPRD Lampung siap action.

Action dilakukan dalam pengawasan catatan BPK RI dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Lampung TA 2022. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menargetkan Pemprov Lampung bisa kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2022. 

Hal itu disampaikannya dalam rapat paripurna penyerahan LHP BPK RI atas LKPD Provinsi Lampung TA 2022, di ruang sidang paripurna DPRD setempat pada Senin 8 Mei 2023. 

BACA JUGA:Serahkan Laporan Keuangan Lebih Awal, Pemprov Tegaskan Pertahankan Opini WTP

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan sejauh ini, pemprov Lampung mendapatkan sembilan kali berturut-turut opini WTP dari BPK atas LKPD. 

"Harapannya ke depan, LKPD bisa terus ditingkatkan agar bisa tetap terus WTP. Kalau bisa sampai 12 kali," katanya. 

Ditegaskannya sampai saat ini Pemprov Lampung tidak ada utang satu rupiah pun kepada pemerintah kabupaten/kota. 

Dijelaskan dia memang, Dana Bagi Hasil (DBH) seyogianya digunakan untuk pembangunan. Namun dalam faktanya untuk membayarkan utang di kabupaten/kota.

BACA JUGA:Pemprov Raih WTP Laporan Keuangan 8 Kali Berturut-turut

"Saya juga berfikir, apa membangun tanpa rada, atau membangun dengan piutang kabupaten/kota. Tapi, saya tegaskan Lampung saat ini tidak ada utang satu rupiah pun (ke kabupaten/kota)," kata dia. 

Arinal Djunaidi juga menegaskan dalam pembangunan juga beberapa tantangan dihadapi yang memgakibatkan penundaan pembangunan. Salahsatunya pandemi Covid-19.

"Dalam pandemi covid, mampu menyelenggarakan dalam refokusing, lantaran perintah presiden Jokowi selamatkan kesehatan bangsa. Dalam posisi itu tidak membangun fisik. Dalam kondisi ekonomi ini juga kita masih menjadi yang terbaik," ujarnya. 

BACA JUGA:Opini WTP tak Jamin Lamtim Bebas Korupsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: