Profil Ari Saputra Atlet Asal Lampung yang Rebut Medali Perak di SEA Games 2023

Profil Ari Saputra Atlet Asal Lampung yang Rebut Medali Perak di SEA Games 2023

Ari Saputra setelah mendapat medali perak di SEA Games 2023 Kamboja. Foto ist --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ari Saputra atlet asal Lampung berhasil merebut medali perak untuk Indonesia di final cabang olahraga (cabor) karate di SEA Games 2023 di Kamboja. 

Ari Saputra yang turun di kelas Kumite 60 kilogram (kg) harus puas dengan medali perak usai kalah dari Sankar Hari Sankar Sureeya di final yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, Minggu 7 Mei 2023. 

Ulul Azmi Soltiansyah Ketua Institut Karate-do Indonesia (INKAI) Lampung menjelaskan raihan medali yang didapat Ari Saputra merupakan kebanggan bagi Lampung, terutama bagi perguruan INKAI, tempat di mana Ari Saputra memulai karirnya sebagai karateka.

Ari Saputra kata Ulul Azmi Soltiansyah sebenarnya ketika penampilannya SEA Games Vietnam 2021 lalu mendapatkan dua medali emas. Hanya saja ada kendala nonteknis yang membuatnya di SEA Games kali ini harus puas dengan medali perak. 

BACA JUGA:Keren! Universitas Teknokrat Ciptakan Perkuliahan Metaverse dan A.I Pertama di Indonesia

"Sebenarnya dia di SEA Games 2021 di Vietnam dia dapat medali emas di kategori kumite dan beregu. Persiapan kali ini sudah maksimal, hanya ada kendala nonteknis. Ari sebenarnya masih berpeluang dapat emas, tetapi mungkin lawan tandingnya sudah memahami karakternya," ungkap Ulul Azmi Soltiansyah, Selasa 9 Mei 2023. 

Ari Saputra di pertandingan pertamanya di kategori kumite 60 kg memulainya dengan turun melawan Danial karateka asal Brunei Darussalam di pertandingan ini, Ari Saputra menang dengan skor 8-2. Ari kemudian melaju ke semifinal. Ari Saputra karateka Lampung ini bertemu dengan Da Silva Ailerbeto Quefi Luchas asal Timor Leste. Ari Saputra dinyatakan menang dengan skor 8-2. 

"Di final Ari Saputra bertemu dengan Sankar Hari Sankar Sureeya asal Malaysia. Tetapi Ari Saputra kalah dengan skor 6-8," bebernya. 

Meski demikian, Ulul Azmi Soltiansyah mengatakan keberhasilan Ari Saputra suatu pencapaian yang harus diapresiasi. "Saya tetap berterima kasih dengan Ari Saputra dengan kondisi organisasi FORKI (Federasi Olahraga Karate-do Indonesia) Lampung yang saat ini belum ada kejelasan, tetapi dia mampu berprestasi," ungkapnya. 

BACA JUGA:KTT ASEAN, Mbak Rara Si Pawang Hujan Ikut Ambil Peran, Moeldoko Beber Alasannya

Ari Saputra merupakan atlet asal Lampung Barat. Ia sudah menekuni olahraga bela diri karate sejak dirinya duduk di bangku kelas 2 SD. 

Ari Saputra merupakan pria kelahiran 9 Juni 1996. Ia merupakan anak dari pasangan bapak Sidardan dan ibu Nurdiwana. Saat ini Ari Saputra bekerja di Dispora Lampung. 

Ari Saputra cukup berprestasi di dunia karate internasional. Terbaru Ari Saputra mendapat medali emas di kejuaraan internasional The 20th ASEAN University Games (AUG) 2022 yang dilaksanakan di Ubon Ratchathani, Thailand, Kamis 28 Juli 2022. 

Kemudian ia meraih medali emas di SEA Games 2021 di Vietnam. Ari tampil di kelas -55 kilogram kumite putra pada Rabu (18/5) menghadapi Van Hien Vo karateka asal tuan rumah, Vietnam. Selain di kejuaraan internasional, Ari Saputra juga meraih medali emas di PON Papua 2021 lalu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: