Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Banten, Begini Kondisi Gunung Anak Krakatau yang Alami 8 Kali Gempa

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Banten, Begini Kondisi Gunung Anak Krakatau yang Alami 8 Kali Gempa

Kondisi Gunung Anak Krakatau pada Kamis 11 Mei 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Provinsi Banten, mengalami gempa bumi magnitudo 5,4 pada Rabu 10 Mei 2023. Namun, bagaimana kondisi Gunung Anak Krakatau (GAK) pada Kamis 11 Mei 2023.

Perlu diketahui, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menegaskan bahwa telah terjadi gempa berlokasi di koordinat 6,49° LS ; 104,84° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 Km arah Barat Laut Sumur, Banten pada kedalaman 10 km.

Namun, gempa yang terjadi pada Rabu 10 Mei 2023 sekitar pukul 11.17 itu, tidak berpotensi terjadinya tsunami.

BACA JUGA:CEK FAKTA: Cula Badak Baik untuk Stamina Laki-Laki

Provinsi Banten yang berseberangan sulat Sunda dengan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung, terdapat Gunung Anak Krakatau.

Gunung Anak Krakatau (GAK) adalah gunung berapi yang berada di jalur selat Sunda. Gunung ini, berada di Wilayah Provinsi Lampung yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan.

Gunung Api Anak Krakatau yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung tersebut, berada pada posisi geografis di Latitude -6.102°LU, Longitude 105.423°BT dan memiliki ketinggian 157 mdpl.

BACA JUGA:Demi Kesembuhan Anak, Warga Kalianda Ini Rela Mengejar Pengobatan Ida Dayak ke Jakarta Hingga Lubuk Linggau

Akhir tahun 2018, Gunung Anak Krakatau sempat membuat tsunami yang menghancurkan sebagian daerah wilayah Banten dan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Berdasarkan pengamatan oleh magma.esdm, pada Kamis 11 Mei 2023, Gunung Anak Krakatau mengalami 8 Kali Gempa.

Gunung api ini terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 25-100 meter dari puncak. Cuaca berawan, angin lemah ke arah barat daya.

BACA JUGA:Mau Malaikat Masuk ke Rumah? Begini Caranya

Meskipun mengalami 8 kali Gempa, Gunung Anak Krakatau tidak terdengar suara dentuman. Bahkan, Ombak laut tenang.

Berdasarkan pengamatan klimatologinya, sekitar gunung anak Krakatau mengalami Cuaca berawan, angin lemah ke arah barat daya. Suhu udara sekitar 27.8-29.5°C. Kelembaban 65-67%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: