Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan I Diklaim Menunjukan Trend Positif

Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan I Diklaim Menunjukan Trend Positif

diskusi ekonomi triwulanan (Diskon-Tri), pada Kamis 11 Mei 2023.---Sumber foto : Diskominfotik.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi buka diskusi ekonomi triwulanan (Diskon-Tri), pada Kamis 11 Mei 2023.

Kusnardi, mengatakan, pada 5 Mei 2023 lalu, BPS telah merilis pertumbuhan ekonomi Lampung Triwulan I Tahun 2023. 

Di mana, secara year-on-year, pertumbuhan ekonomi Lampung lebih tinggi dari rata - rata Sumatera dan untuk q-to-q, Lampung menjadi satu-satunya provinsi di Sumatera yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif, sementara sembilan provinsi lainnya mengalami kontraksi atau pertumbuhan negatif.

Potret pertumbuhan ekonomi Lampung, pada Triwulan I Tahun 2023, kata Kusnardi, menjadi pijakan bagi pertumbuhan ekonomi Triwulan II.

BACA JUGA:Hengkang dari Barcelona, Unggahan Sergio Busquets Bikin Haru

Sekaligus dapat menjadi pondasi dalam pengambilan kebijakan perekonomian Tahun 2023. 

"Kita terus bekerja keras melakukan upaya yang terbaik agar kondisi perekonomian tidak mengalami kontraksi," ujar Kusnardi. 

"Penting bagi kita melakukan assessment dan evaluasi atas capaian ekonomi dari para narasumber, outlook ke depan seperti apa, serta instrumen yang tepat untuk mendorong dan menjaga pertumbuhan ekonomi Lampung," terangnya.

Terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi menjadi sinyal pulihnya aktivitas ekonomi di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:DPC PDIP Lamtim Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU

Lanjut Kusnardi, bahwa hal tersebut dapat dilihat sebagai sebuah peluang sekaligus tantangan untuk menggagas dan memunculkan ide-ide kreatif sebagai rekomendasi untuk mengoptimalkan pembangunan ekonomi Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, Kusnardi menjelaskan bahwa Pemprov Lampung kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau Opini WTP yang ke-9 kalinya secara berturut-turut dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2022. 

Opini WTP terhadap Laporan Keuangan Pemprov Lampung pada hakikatnya merupakan pencapaian atas kinerja Pengelola Keuangan Pemprov Lampung yang terus didorong untuk stimulasi perekonomian daerah dan menjaga momentum pertumbuhan. 

Sementara, Kepala BPS Lampung, Atas Parlindungan Lubis mengungkapkan bahwa kinerja perekonomian Provinsi Lampung pada triwulan I 2023 tumbuh kuat 4,96% (yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: