Angka Imunisasi Belum Tinggi, Dinkes Metro Terus Dorong Kenaikan Angka Imunisasi

Angka Imunisasi Belum Tinggi, Dinkes Metro Terus Dorong Kenaikan Angka Imunisasi

Foto ilustrasi imunisasi. (Kemkes.go.id)--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) METRO melalui Dinas Kesehatan Kota METRO terus gencarkan imunisasi.

Pasalnya, angka imunisasi di Kota Metro masih di bawah angka 90 persen.

Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman, mengatakan, dirinya mengimbau semua warga Kota Metro untuk mendapatkan imunisasi, terlebih anak di bawah lima tahun. Di mana, anak-anak tersebut merupakan generasi penerus pembangunan Kota Metro. 

"Tentunya dengan diberikan imunisasi, angka imunisasi kita bisa naik. Karena imunisasi ini penting untuk pengembangan Sumber daya Manusia (SDM) kita," katanya.

BACA JUGA:Kuasai Dapil, PAN Lamsel Targetkan 12 Kursi DPRD

Ia menilai, jika capaian angka imunisasi Kota Metro sudah mencapai 100 persen, itu akan mendorong merealisasikan visi Kota Metro sebagai Kota Sehat.

"Visi kita tentu akan tercapai sebagai Kota Sehat," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Eko Hendro Saputro menuturkan, pihaknya akan terus menekankan untuk kenaikan capaian imunisasi. Itu juga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk memberikan anaknya imunisasi.

"Capaian Imunisasi kita memang masih dibawah 90 persen ya. Karena kemarin juga terbentur dengan pandemi Covid-19. Karena itu sekarang kita coba maksimalkan lagi," tukasnya.

BACA JUGA:Buka Rakor, Bupati Tanggamus Pesan Ini untuk TP PKK

Dikatakannya, saat melakukan Program Imunisasi Indonesia, pihaknya mengalami beberapa tantangan. Antara lain, kesadaran dan pemahaman masyarakat yang kurang tentang perlunya imunisasi, dan keterbatasan sumber daya penganggaran dan sumber daya manusia.

Lalu, adanya persepsi negatif terhadap imunisasi rutin, kapasitas dan pengelolaan rantai dingin vaksin yang belum optimal, serta kemampuan surveilans penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), seperti polio, difteri, campak, pertusis dan lain sebagainya belum optimal.

Ia menambahkan, imunisasi ini bermanfaat untuk melindungi tumbuh kembang anak. 

Imunisasi akan melindungi anak dari berbagai virus dan bakteri penyakit. Sehingga, imunisasi yang sudah diberikan sejak usia 0 bulan sampai 9 bulan ini sangat bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: