Ken Setiawan: KH Ma'ruf Amin Jadi Ketua Tim MUI yang Meneliti Ponpes Al Zaytun 21 Tahun Lalu

Ken Setiawan: KH Ma'ruf Amin Jadi Ketua Tim MUI yang Meneliti Ponpes Al Zaytun 21 Tahun Lalu

Pendiri NII Center Ken Setiawan menyebut bahwa KH Ma'ruf Amin menjadi ketua tim yang meneliti Ponpes Al Zaytun pada 2002 lalu. FOTO TANGKAP LAYAR YOUTUBE WAPRES --

BACA JUGA: Banyak Keanehan di Al Zaytun, Kok MUI Tak Bersikap? Abaikan Rekomendasi 22 Tahun Silam?

- Terdapat temuan dugaan penyimpangan paham keagamaan terkait permasalahan zakat fitrah dan kurban yang diterapkan oleh pimpinan pondok pesantren.

- Persoalan Ponpes Al Zaytun ini sebenarnya berada pada aspek pucuk kepemimpinan yang kontroversial dan mempunyai kedekatan dengan organisasi NII Komandemen Wilayah IX.

- Terdapat indikasi adanya keterkaitan sebagian koordinator wilayah yang mempunyai tugas sebagai tempat rekrutmen santri Ponpes Al Zaytun dengan organisasi NII Komandemen Wilayah IX.

Berdasarkan temuan tim khusus terkait keberadaan Pondok Pesantren Al Zaytun itu MUI merekomendasikan beberapa hal.

BACA JUGA: Ini Profil Panji Gumilang, Pendiri Al Zaytun yang Sebut Bermazhab Bung Karno

Antara lain rekomendasi untuk melakukan pemanggilan pimpinan Ponpes Al Zaytun supaya memberikan klarifikasi atas temuan-temuan yang diperoleh dari hasil tim peneliti.

Lantaran persoalan mendasar di Ponpes Al Zaytun berada pada pucuk kepemimpinan, maka pimpinan harian MUI diharapkan dapat segera mengambil langkah inisiatif dan konkret untuk pembenahan masalah itu.

Selanjutnya, pimpinan harian MUI agar mengambil keputusan yang sangat bijak dan arif guna menyelamatkan pondok pesantren Al Zaytun dengan berdasar prinsip kemaslahatan umat. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: