Unila Keluar Dari Jalur Barat, Pilih Ujian Bersama PTS di Lampung

Unila Keluar Dari Jalur Barat, Pilih Ujian Bersama PTS di Lampung

Ilustrasi tes.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) memutuskan untuk tidak mengikuti dan meniadakan Ujian Mandiri bersama Perguruan Tinggi (PTN) Jalur Barat, dimulai tahun 2023.

Hal itu diungkapkapkan Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afiriani melalui Humas PMB Unila, Fitra Dharma, selasa, 16 Mei 2023.

Fitra menyebutkan, mulai tahun 2023 ini Unila tidak mengadakan ujian mandiri bersama para PTN jalur barat, namum bergabung bersama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Provinsi Lampung.

"Unila mengadakan ujian mandiri bersama PTS di Lampung, tidak bergabung dengan PTN wilayah barat lagi," katanya.

BACA JUGA:Gasak Alat Pabrik Tapioka, Ternyata Pencurinya Tukang Rongsok

Ditanya apa alasan Unila memutuskan mengadakan seleksi bersama perguruan tinggi swasta ini dan memilih meninggalkan ujian bersama PTN jalur barat, Fitra menyebut penghapusan stigma atau alasan kekurangan mahasiswa karena diambil oleh Unila masuk kedalamnya.

"Pertama, keluhan PTS bahwa PTN termasuk Unila banyak mengambil calon mahasiswa mereka, sehingga dengan kerjasama ini, calon mahasiswa Unila bisa juga mengambil prodi yang mereka inginkan di PTS Lampung," jelasnya.

Selain itu, menurutnya dilihat dari jumlah pendaftaran seleksi jalur mandiri atau dahulunya disebut SMMPTN Unila justru sepi peminat dari luar Lampung.

"Kedua, bergabungnya unila dengan PTN wilayah barat diharapkan banyak peserta luar Lampung yang memilih Unila, namun ternyata dari data hanya sedikit yang memilih Unila sebagai pilihan di mandiri, kebanyakan dari Lampung," jelasnya.

BACA JUGA:Tanggamus Usulkan 815 Formasi PPPK Tahun Ini

Meski begitu, pendaftaran ujian masuk mandiri bersama PTS ini belum ditentukan bagaimana teknis dan kapan tanggal pendaftarannya dimulai.

"Belum, rencananya seperti itu (di-launching), cuma teknis seperti apa belum tahu. (Link Pendaftaran) Insya Allah akan dibuka pada bulan juni mendatang," pungkasnya.

Untuk diketahui, perbedaan SMM PTN jalur barat atau biasa disebut Ujian Mandiri Jalur Barat adalah selesksi yang diikuti 25 PTN yang berada di wilayah Indonesia bagian barat seperti, Itera, Universitas Syiah Kuala (USK) Universitas Jambi (UNJA), Universitas Bengkulu (UNIB), Institut Seni Indonesia (ISI) Padang, Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), dan sebagainya.

Sendangkan tahun 2023 ini, Unila berencana mengadakan seleksi jalur mandiri bersama PTS yang ada di Lampung seperti, UTI, Darmajaya, UBL, Umitra, dan PTS lainya di Lampung, yang teknisnya belum diketahui sampai hari diresmikannya tiba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: