Jangan Buru-Buru Basmi Alang-alang, Ternyata Ada Manfaatnya Untuk Kesehatan

Jangan Buru-Buru Basmi Alang-alang, Ternyata Ada Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manfaat alang-alang untuk kesehatan tubuh. Foto Dwi--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Allah Subhana Wata'ala menciptakan makhluk hidup di muka bumi ini  pasti ada tujuan dan manfaatnya. 

Baik itu, hewan maupun tumbuhan. Itu termasuk, alang-Alang atau dalam imperata silindrica dalam bahasa ilmiahnya. Alang-alang atau ilalalang merupakan tanaman sejenis rumput liar yang banyak tumbuh di sekitar kita.  

Bagi petani tanaman yang juga sering disebut ilalang ini dianggap sebagai tanaman pengganggu (gulma). Sebab, rumput liar ini mudah tumbuh dan cepat menyebar di lahan pertanian sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. 

Karenanya, petani akan membasmi atau mencabut alang-alang atau eurih (Sunda) dan amengan (Bali) bila tumbuh liar di lahan pertanian.

BACA JUGA:Inara Rusli Buka Cadar Demi Nafkahi Anak: Semoga Teman-teman Tidak Berburuk Sangka

Meski dianggap sebagai tanaman pengganggu, ternyata alang-alang juga memiliki manfaat. Antara lain, daunnya sering digunakan sebagai bahan atap rumah. Daun alang-alang juga dimanfatkan masyarakat untuk pakan ternak. Kemudian, batangnya untuk pengganti kuas cat. 

Selain itu, bagian akarnya bermanfaat untuk kesehatan.

Pasalnya, dari sejumlah penelitian ekstrak akar alang-alang mengandung antioksidan dan senyawa yang  bersifat antipiretik, diuretik dan hemostatik.  Selain itu, akar-akar alang-alang juga mengandung senyawa penting untuk kesehatan. Seperti, arginine, manitol, glukosa, asamt sitrat dan fernenol.

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan antara lain:

BACA JUGA:Indonesia Akan Hadapi China di Perempat Final Sudirman Cup 2023, Ini Jadwal Lengkapnya

1.Mengatasi sakit pinggang

2.Menurunkan darah tinggi

3.Mencegah Diare

4.Mengobati mimisan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: