Sejarah dan Harga Vespa Kongo, Motor Kesayangan Soekarno dan TNI
Vespa Kongo-Net-
BACA JUGA: Berikut Ini Jadwal Keberangkatan CJH Asal Lampung Timur, Catat!
Jika VBB bentuk sepedometernya oval, milik Vespa kongo berbentuk kotak. Keren. Berbeda dengan lainnya.
Tidak hanya itu, Vespa VBB tidak memiliki saklar pada setang sebelah kiri.
Berbeda dengan Vespa Kongo, kendaraan ini memiliki saklar yang ada di setang sebelah kirinya.
Jacob Oswald Hoffmann merupakan sosok orang Jerman yang berjasa memasukkan kendaraan bermotor jenis Vespa ke Jerman.
Sayangnya, pada awal tahun 1955 kerjasama vespa dengan Hoffmann putus karena Hoffmann memilih mendesain kendaraan bermotor model sport.
Sejak itu, perusahaan Vespa GmbH Augsburg patungan dengan Piaggio dan Martial Fane Organisation.
Kerjasama ketiga perusahaan tersebut lalu menyediakan beberapa bagian untuk Vespa Messerschmitt.
Nah, ketika kerjasama dengan Augsburg inilah Vespa Kongo diorder untuk Indonesia.
BACA JUGA:Mengenal Raja Ampat, Surga Tersembunyi dari Timur yang Mendunia
Saat berkongsi dengan Messerchmitt (150 Touren dan GS) inilah kemudian dikembangkan kedua model dengan beberapa modifikasi.
Tidak hanya Vespa Kongo, GmbH Augsburg juga melahirkan Vespa 125 cc yang kala itu pertama kali dikenalkan ke publik di Tahun 1958.
Produksi terus berlanjut dan berkembang hingga Tahun 1963. Pada Tahun ini terjadi puncak perubahan skuter yang mengakibatkan produksinya tidak terlalu banyak lagi.
Lalu apa hubungan sejarahnya dengan bangsa Indonesia?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: