Berikut Ini Jadwal Keberangkatan CJH Asal Lampung Timur, Catat!

 Berikut Ini Jadwal Keberangkatan CJH Asal Lampung Timur, Catat!

Kasi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Lamtim Liwon. Foto Dwi--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Para calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Lampung Timur rencananya diberangkatkan ke tanah suci Mekah mulai pekan depan.

Kepala Seksi urusan haji dan umrah Kementrian Agama Lamtim Liwon menjelaskan, rencanya CJH yang akan diberangkatkan sebanyak 749. Menurutnya, para CJH akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah secara 2 tahap.

Untuk tahap pertama sebanyak 388 yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 17 rencananya diberangkatkan, Minggu 28 Mei 2023. 

Sedangkan, untuk tahap 2 sebanyak 361 CJH masih menunggu penetapan kloter dan jadwal kebarangkatannya.   “Para CJH akan diberangkatkan dari Islamic Centre Sukadana,” jelas Liwon mewakili Kepala Kemenag Lamtim Indrajaya, Minggu 21 Mei 2023.

BACA JUGA:Mengenal Raja Ampat, Surga Tersembunyi dari Timur yang Mendunia

Lebih lanjut Liwon menghimbau kepada para CJH yang diberangkatkan senantiasa menjaga kesehatannya. Itu agar mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

Selain itu, kepada para CJH diharapkan tidak membawa terlalu banyak pengantar saat akan diberangkatkan dari Islamic Centre Sukadana. Itu untuk menjaga ketertiban lalulintas dan kelancaran prosesi pemberangkatan.

Diketahui,  CJH asal Kabupaten Lampung Timur mengikuti manasik di Islamic Centre Sukadana, Senin 8 Mei 2023.

Kepala Kantor Kemententrian Agama Lamtim Indrajaya menjelaskan, CJH yang mengikuti manasik itu terdiri  sebanyak 749 orang. Itu terdiri dari 382 laki-laki dan 367 perempuan. Dari jumlah tersebut, 38 diantarnya lanjut usia (lansia).

BACA JUGA:Prediksi Skor Napoli vs Inter Milan di Liga Italia: Preview Tim, Head to Head, hingga Starting Line-up

Untuk CJH tertua adalah Karto Rukiyo (86) warga Desa Ratna Daya Kecamatan Raman Utara. Sedangkan CJH termuda adalah Agung Apriyan (33) warga Desa Sukadana Pasar Kecamatan Sukadana.

"Para lansia tersebut merupakan CJH yang batal berangkat pada tahun 2022 lalu," jelas Indra Jaya pada acara yang dihadiri Sekretaris Kabupaten Lamtim M.Jusuf.

Dilanjutkan, manasik haji akan digelar selama 2 hari, mulai Senin hingga Selasa, 8 - 9 Mei 2023.

Menurutnya, manasik bertujuan memberikan bekal awal dan pengetahuan CJH tentang penyelenggaraan ibadah haji dan gambaran awal tentang situasi, kondisi. Baik selama di perjalanan maupuh di tanah suci Mekah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: