Pendidikan Vokasi Tahun 2023 Bakal Menyentuh SMK, Yuk Simak Informasi Selengkapnya

Pendidikan Vokasi Tahun 2023 Bakal Menyentuh SMK, Yuk Simak Informasi Selengkapnya

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) menyebut jika tahun 2023 ini Pendidikan Vokasi bakal menyentuh jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Ya, hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kiki Yuliati, dalam pernyataan resminya secara daring, dikutip pada Minggu, 21 Mei 2023.

Menurut Kiki, Pendidikan Vokasi menempati posisi penting dalam strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Oleh karena itu, penguatan lembaga pendidikan vokasi terus dilakukan, salah satunya melalui program Kampus Mengajar yang tahun ini memasuki angkatan keenam.

BACA JUGA:PLN Kerjasama Pengembangan EBT Dengan Perusahaan EPC di Tiongkok

"Pelaksanaan program Kampus Mengajar kali ini mencetak sejumlah terobosan baru. Selain melibatkan mahasiswa vokasi sebagai peserta program, untuk angkatan keenam ini program Kampus Mengajar juga memperluas cakupan sekolah sasaran ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)," ujarnya.

Pelibatan mahasiswa vokasi dan SMK diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

"Dengan bangga kami sampaikan kabar gembira bahwa program Kampus Mengajar akan memperluas cakupan sekolah sasaran," ungkapnya.

"Jika awalnya sekolah sasaran di program Kampus Mengajar hanya ada di jenjang SD dan SMP, di angkatan ke-6 ini sekolah sasarannya kami tambah hingga ke jenjang SMK," kata Kiki.

BACA JUGA:Kali Biru Genyem, Kilauan Air Surga di Tanah Papua

Selain itu, dirinya menjelaskan jika tantangan yang dihadapi di masa depan akan kian kompleks. Oleh karena itu, pembelajaran mahasiswa vokasi di dalam kelas saja menjadi tidak cukup lagi.

"Mahasiswa harus menggali dan menemukan berbagai pengalaman baru yang lebih kompleks untuk mengasah keterampilan teknis dan nonteknis di luar ruang kelas," imbaunya.

"Salah satunya adalah dengan mengikuti program Kampus Mengajar," lanjutnya.

Program ini diyakini akan memberikan pengalaman berharga dan unik karena selama pelaksanaannya mahasiswa akan menghadapi persoalan yang nyata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: