Personel BPBD dan Relawan Disiagakan Antisipasi Bencana di Kota Metro

Personel BPBD dan Relawan Disiagakan Antisipasi Bencana di Kota Metro

Sekretaris BPBd Kota Metro Syaifullah. Foto Ruri--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bencana dan pohon tumbang menjadi ancaman di Kota METRO. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota METRO, menyiapkan 30 personel untuk selalu siaga Bencana.

Hal tersebut dilakukan agar apabila dibutuhkan cepat, para personel siap untuk membantu mengatasi bencana di Bumi Sai Wawai.

Sekretaris BPBD Kota Metro, Syaifullah, menuturkan, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan personel, pihaknya sudah siap untuk membantu masyarakat.

"Kami selalu siapkan dan siagakan tim reaksi cepat sejumlah 30 orang. Jadi yang piket ada 5 orang, dan 25 orang tetap siaga,” katanya, Selasa 23 Mei 2023.

BACA JUGA:Sepanjang Januari hingga Mei 2023, Ada 4 Kejadian Kebakaran di Mesuji

Selain itu juga, lanjutnya, di setiap kelurahan ada dua relawan BPBD yang disiagakan. Sehingga ada 44 relawan di Kota Metro ini.

“Iya setiap kelurahan ada dua relawan. Itu untuk membantu masyarakat jika ada bencana yang terjadi,” katanya.

BPBD Kota Metro juga menyiapkan kontak center kepada masyarakat Kota Metro untuk melaporkan jika ada terjadi bencana.

Hal tersebut juga untuk mempercepat tindaklanjut dari laporan yang diberikan kepada pihak BPBD. Sehingga bisa mencegah kerugian masyarakat yang lebih besar. Kerugian materi maupun korban jiwa.

BACA JUGA: Perlu Tahu, Ternyata Mobil Lawas Ini Banyak Peminatnya Loh, Anda punya?

Kontak center BPBD dapat diakses masyarakat melalui telepon selular, pesan singkat, maupun pesan whatsapp.

Masyarakat yang melapor harus menyertakan identitas, lokasi, dan laporan lengkap terkait bencana yang terjadi di sekitar lingkungannya.

Ia melanjutkan, layanan kontak center yang disediakan di nomor 0853 6864 5042 yang terhubung langsung ke Kepala BPBD Kota Metro, dan juga Koordinator Lapangan dengan nomor 0812 6472 7013.

“Misalkan masyarakat melihat ada potensi bencana, langsung kabari kami. Bisa kirim whatsapp atau telpon, dan kirimkan fotonya beserta lokasi. Jadi petugas kami bisa langsung ke lapangan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: