Kumis Kucing, Tanaman Hias yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Apa Saja Itu?

Kumis Kucing, Tanaman Hias yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Apa Saja Itu?

Tanaman kumis kucing (orthosiphon aristatus),  biasanya dijadikan sebagai  pagar hidup atau  tanaman hias. Foto Dwi--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tanaman kumis kucing (orthosiphon aristatus), biasanya dijadikan sebagai pagar hidup atau tanaman hias.

Tanaman dari daerah tropis ini memiliki daun berbentuk bulat lonjong meruncing pada ujungnya. Bungnya putih dan memiliki benang sari yang memanjang mirip kumis kucing. 

Karena bentuk benang sarinya tersebut, tanaman ini  dikenal nama kumis kucing. Di berbagai daerah tanaman ini dikenal juga dengan nama giri-giri merah (Sumatra), remujung (Jawa), umis ucing (Sunda) dan songot kucing (Madura). 

Selain sebagai tanaman hias, kumis kucing terutama  bagian daunnya dimanfaatkan untuk obat tradisional. Itu karena, daun kumis kucing mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan. Antara lain, fenolik, flavanoid, polifenol, alkaloid, saponin. Selain itu, daun kumis kucing juga memiliki sifat anti oksidan, anti bakteri, anti inflamasi dan anti peradangan.

BACA JUGA:Gaji Pensiunan PNS Segera Dikirim ke Rekening, Cek Rincian Nominal Terbarunya

Karenanya, masyarakat biasanya menggunakan ekstrak daun kumis kucing antara lain untuk:

1.Mengatasi reumatik

Senyawa fenolik yang terkandung dalam daun kumis kucing dapat membantu meredakan reumatik. Caranya, ambil senggenggam daun kumis kucing, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Selanjutnya, dinginkan dan siap untuk diminum.

2. Mengatasi batu ginjal

Ekstrak daun kumis kucing juga mengandung ortosifonin yang berfungsi membantu melarutkan fosfat, oksalat dan asam urat dalam ginjal. Karenanya, ekstrak daun kumis kucing diyakini membantu mencegah dan mengatasi batu ginjal. Caranya, ambil segenggam daun kumis kucing kemudian direbus dengan 3 gelas air. Setelah dingin air rebusan daun kumis kucing dapat diminum secara rutin.

3. Mengobati asam urat

Selain mengobati reumatik, dengan meminum air rebusan daun kumis kucing juga dapat menbobati asam urat. Itu karena senyawa fenolik dan flavonoid yang terkandung dalam daun kumis kucing juga dapat menghambat pembentukan asam urat.

BACA JUGA:Pemkab Tanggamus dan PT PLN Jalin Kerjasama, Ini kesepakatannya

4. Menurunkan tekanan darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: