Kumis Kucing, Tanaman Hias yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Apa Saja Itu?

Kumis Kucing, Tanaman Hias yang Bermanfaat untuk Kesehatan, Apa Saja Itu?

Tanaman kumis kucing (orthosiphon aristatus),  biasanya dijadikan sebagai  pagar hidup atau  tanaman hias. Foto Dwi--

Mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing juga dapat menurunkan tekanan darah. Khususnya bagi penderita darah tinggi.  Itu karena, senyawa sinansetin yang terkandung dalam daun kumis kucing memiliki aktivitas diuretik yang membantu tubuh mengurangi kadar natrium berlebih yang menjadi salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah.

5. Mengobati batuk

Senyawa anti oksidan yang terkandung dalam daun kumis kucing dapat membantu meredakan batu. Caranya, dengan mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

6.Mengatasi keputihan

Sifat anti bakteri daun kumis kucing dapat membantu mengatasi bakteri yang umum menjadi penyebab keputihan pada wanita.

7.Menurunkan kadar gula darah

Kemampuan daun kumis kucing dalam mengendalikan metobolisme melalui senyawa yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga kadar gula darah.

BACA JUGA:September, Gubernur Lampung Habis Masa Jabatannya, Mendagri Beri Pesan Ini ke PNS Eselon I

8. Mengatasi gatal-gatal kulit

Sifat anti bakteri dan anti microba pada daun kumis kucing dapat membantu gatal-gatal pada kulit yang disebabkan jamur. Caranya, ambil segenggam daun kumis kucing kemudian direbus bersama daun sambiroto dan temulawak. Setelah dingin air rebusannya dapat diminum. 

9. Membersihkan racun dalam tubuh

Senyawa yang terkandung dalam daun kumis kucing dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh. Caranya, rebus daun kumis kucing ditambah jahe kemudian setelah dingin dapat diminum.

10. Mengobati infeksi saluran kemih 

Sifat diuretik dan anti bakteri pada ekstrak daun kumis kucing dapat membantu menghilangkan bakteri yang ada dalam kandung kemih.

11. Mengatasi gusi bengkak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: