Iklan Bos Aca Header Detail

Pembentukan Desa Tangguh Bencana 

Pembentukan Desa Tangguh Bencana 

--

Selain itu, kesiapan dalam menghadapi bencana Desa yang tidak siap atau tidak memiliki rencana darurat dalam menghadapi bencana memiliki tingkat kerentanan yang lebih tinggi.

Kesiapan dalam menghadapi bencana meliputi adanya sistem peringatan dini, evakuasi, serta persediaan logistik dan obat-obatan.

Desa Tangguh Bencana (DTB) adalah program yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. 

Program ini bertujuan untuk membangun desa yang tangguh terhadap bencana dengan mengintegrasikan berbagai aspek, seperti kesiapsiagaan, ketahanan pangan, ekonomi, dan lingkungan. 

Adapun tujuan dari program Desa Tangguh Bencana dengan cara meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, meningkatkan kapasitas masyarakat dalam merespons bencana, meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya mitigasi bencana, dan meningkatkan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam menghadapi bencana. 

Program DTB sendiri diimplementasikan melalui pembentukan Desa Tangguh Bencana yang memiliki struktur organisasi, komunitas, dan jaringan kerjasama yang kuat dalam menghadapi bencana.

Desa Tangguh Bencana juga memiliki rencana aksi dan strategi mitigasi bencana yang terintegrasi dengan rencana pembangunan desa.

Program Desa Tangguh Bencana telah diimplementasikan di berbagai daerah di Indonesia dan terbukti efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Program ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk mengembangkan desa yang tangguh terhadap bencana. 

Program Desa Tangguh Bencana (DTB) telah diimplementasikan di berbagai daerah di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, jumlah desa tangguh bencana di Indonesia semakin bertambah. 

Sebagai contoh Desa Suka Jaya, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Desa Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Desa Karangasem, Kabupaten Buleleng, Bali, Desa Tamansari, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Desa Selaawi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Desa Tanjung Meriah, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh dan Desa Tablolong, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Daftar di atas hanya sebagian kecil dari lokasi Desa Tangguh Bencana yang ada di Indonesia.

Seiring dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, diharapkan semakin banyak desa yang menjadi desa tangguh bencana di masa depan. (*/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: