Mengenal 7 Tingkatan Surga Berdasarkan Penjelasan Dalam Al-Qur’an

Mengenal 7 Tingkatan Surga Berdasarkan Penjelasan Dalam Al-Qur’an

Gambaran surga yang akan dihuni golongan umat manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Foto Tangkapan Layar/YouTube Tafakkur Fiddin--

BACA JUGA: Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Allah Masuk Surga

Surga Darussalam juga disebut sebagai ‘as-Salam’ sebagaimana dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Yasin ayat 56, 57 dan 58 yang artinya:

“Mereka dan pasangan-pasangan mereka berada di dalam tempat yang teduh, bersandar di atas dipan-dipan,”(Q.S Yasiin ayat 56).

“Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa saja yang mereka inginkan,” (Q.S Yasiin ayat 57).

“(Kepada mereka dikatakan), “Salam” sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang,” (Q.S Yasiin ayat 58).

BACA JUGA: Mengenal Raja Ampat, Surga Tersembunyi dari Timur yang Mendunia

2. Surga Jannatu’Adn

Tingkatan kedua adalah surga Jannatu’adn atau surga ‘And yang di dalamnya berisi orang-orang sholeh. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah SWT. Al-Qur’an Surat Ar-Rad ayat 23 dan 24 yang artinya:

“(Yaitu) surga ‘And yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang shaleh dari kalangan bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedang malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu,” (Q.S Ar-Rad ayat 23).

“(Sambil mengucapkan); “Salaamun’alaikum bima sharbatum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu,” (Q.S Ar-Rad ayat 24).

BACA JUGA: Surga Tersembunyi di Lembah Seribu Kawah

3. Surga Jannatul Khuld

Siapapun yang masuk ke Jannatul Khuld, maka penduduknya akan kekal di dalamnya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Furqan ayat 15, yang artinya:

“Katakanlah, apakah (azab) yang demikian itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?. Surga itu menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka,” (Q.S Al-Furqan ayat 15).

4. Surga Darul Muqamah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: