110 Siswa Gugur Dalam Verifikasi Akademik SNPMB Unila 2023, Simak Faktor Penyebab Gagal

110 Siswa Gugur Dalam Verifikasi Akademik SNPMB Unila 2023, Simak Faktor Penyebab Gagal

Foto Dokumentasi Humas Unila : Humas PMB Unila, Dr.Fitra Darma, SE.M.Si saat menjelaskan 110 siswa gugur dalam Verifikasi Akademik SNPMB Unila 2023.--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 110 orang Lulusan Siswa SMA/SMK/MA sederajat gugur dalam Verifikasi Akademik Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Lampung (Unila) tahun 2023.

Dari 110 siswa yang gugur tersebut, 13 orang siswa yang tidak lolos verifikasi Akademik dan 97 orang siswa tidak mengumpulkan berkas akademik. Hal ini disampaikan Humas PMB Unila, Dr.Fitra Darma, SE..M.Si pada Senin, 29 Mei 2023.

Beberapa Faktor yang menyebabkan siswa Gagal dalam Verifikasi Akademik, lanjut Dr.Fitra, salah satunya, ketidaksesuaian antara nilai Raport yang diinput ke Sistem SNPMB dengan Nilai Raport yang dilegalisir.

BACA JUGA:Marak Jasa Sewa Pacar di Indonesia, Benarkah Ini Solusi Terbaik Bagi Para Jomblo?

 

"Kalau perbedaan hanya satu atau dua poin, itu masih bisa dimaklumi sebagai kesalahan manusiawi. Tetapi jika sudah lebih dari 100 poin, itu menunjukkan adanya indikasi markup yang disengaja," kata Dr.Fitra.

Selain itu, Dr.Fitra juga menginformasikan sejumlah Siswa dinyatakan gugur karena tidak datang atau tidak mengumpulkan berkas akademik saat verifikasi oleh panitia. Padahal, hal itu merupakan syarat wajib mengikuti akademik.

"Kita sudah mengingatkan dan menghubungi calon mahasiswa untuk mengumpulkan berkas akademik, sebagian ada yang merespons, tetapi ada juga yang tidak. Akhirnya kita nyatakan gugur SNPMB," tegas Dr.Fitra.

BACA JUGA:Luar Biasa! Menara Masjid Rahmatan Lil Alamin di Pondok Pesantren Al Zaytun Tertinggi Ketiga di Dunia

 

Dr..Fitra juga menambahkan Tim PMB Unila akan menginformasikan hasil verifikasi Akademik ini kepada pihak sekolah, dinas pendidikan, dan MKKS.

Tujuannya, agar pihak sekolah dapat meningkatkan kualitas integritas dokumen akademik siswa mereka. "Kita berharap tidak lagi kasus seperti ini dimasa depan. Kita ingin meloloskan calon mahasiswa yang benar benar berprestasi dan jujur. Kita melakukan verifikasi secara hati-hati dan akurat..Jangan sampai kita mendelete orang yang salah," jelas Dr.Fitra.

Sebagai informasi, total peserta yang lulus seleksi SNPMB Unila Tahun 2023 sebanyak 2388 orang. Mereka terdiri dari delapan Fakultas. 

BACA JUGA:3 Pertanyaan Paling Sensitif yang Perlu Anda Tahu saat Negosiasi Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: