Resep Ikan Gabus Pucung Khas Betawi yang Nikmat, Ternyata Bagus untuk Kesehatan Ibu Hamil

Resep Ikan Gabus Pucung Khas Betawi yang Nikmat, Ternyata Bagus untuk Kesehatan Ibu Hamil

Foto Resep Gabus Pucung khas Betawi. Tangkap layar Youtube @ceceromed kitchen --

Untuk cara membuat :

- Gabus  400 gram menjadi tiga potong dikerat dikerat daging agar nantinya resep bumbunya.

- Garam dan air jeruk lemon atau nipis secukupnya untuk melumuri ikan gabus guna menghilangkan lendir pada ikan gabus ini lalu cuci bersih 

- Kemudian bumbu yang sudah dihaluskan dibumbui ikan gabus dioleskan sebelum digoreng 

- Lalu getok 3 buah Pucung/kluwek. Setelah digetok isi daging Pucung dicoba kalau rasa enak tak pahit bisa dipakai

- Kemudian giling bahan bahan yang dihaluskan lalu haluskan juga pucuk/kluwek, geprek batang serei, 1 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk.

- Lalu kita siapkan potongan daun bawang, iris bawang merah, dan 1 potong tomat merah 

- Siapkan minyak goreng, masukkan irisan bawang merah digoreng sampai crispy (garing). Kalau Sudah garing dan tiriskan .

- Lalu ikan gabus digoreng sampai warna kecoklatan dan tiriskan

- Lalu minyak ikan gabung ambil sedikit tumiskan bumbu Pucung tersebut,  tambahkan serei yang sudah  di gemprek, 3 lembar daun jeruk,  satu lembar daun salam. Lalu tambahan air dan setengah sendok garam, setengah sendok teh kaldu bubuk, dan garam secukupnya. Lalu masukan Ikan Gabus kedalamnya. Ini aroma sedap banget khas Betawi enak banget.

- Lalu, masukkan tomat merah lalu aduk aduk sampai mengental dan tambahkan air sedikit, lalu masukkan potongan kecil daun bawang. Lalu matikan apinya. Dan sajikan Ikan Gabus Pucung Khas Betawi siap disajikan ini aroma luar biasa.

Untuk menambahkan kenikmatan dan kesegaran pada Ikan Gabus Pucung Khas Betawi sajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya dan potongan daun bawang.

Oh ya, sajikan Ikan Gabus Pucung Khas Betawi dengan nasi panas. Dijamin lezat dan bikin lahap ibu hamil memakannya. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: