72 Ruas Jalan Provinsi Diperbaiki, 20 Persen Ada di Pesawaran

72 Ruas Jalan Provinsi Diperbaiki, 20 Persen Ada di Pesawaran

Mendag Zulkifli Hasan dan Mentan Syahrul Yasin Limpo meninjau perbaikan jalan provinsi di Desa Banjar Negeri Kecamatan Way Lima, Pesawaran, Jumat 2 Juni 2023. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BACA JUGA: Banyak Belum Tahu, Begini Cara Menyeduh Kopi yang Benar Agar Semakin Nikmat

Untuk ruas jalan kabupaten, pihaknya mengusulkan ruas jalan Simpang Wates-Upang-upang (Perbatasan Pesawaran dan Tanggamus). 

Kemudian ruas jalan provinsi di jalur Padang Cermin-Simpang Teluk Kiluan.

"Itu yang kita usulkan melalui inpres (pusat). Bukan karena viral. Tapi ini sudah terencana sejak tahun lalu, kita bahas bersama provinsi. Dan secara persentase, sekitar 20 persen untuk jalan provinsi di Pesawaran," tukasnya. 

Untuk itu dibutuhkan peran semua pihak dalam menjaga infrastruktur jalan. Pemkab Pesawaran juga sudah mengeluarkan edaran untuk menerapkan aturan over dimensi dan overload (ODOL).

BACA JUGA: Geger Penemuan Harta Karun Koin Emas Murni Abad Ke-7 di Dalam Tembok Cagar Alam Hermon Stream

"Kita perkenankan desa memasang portal untuk membatasi tonase kendaraan yang akan melewati jalan. Dan juga kita ada satgas khusus untuk penindakan ODOL," sebutnya.   

Terpisah, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo menambahkan, kecelakaan lalu lintas tidak hanya disebabkan jalan yang berlubang.

Namun juga minimnya rambu yang dipasang saat tengah dilakukan perbaikan jalan

"Untuk itu kami, melalui satuan lalu lintas berkoordinasi dengan PU, bagaimana kegiatan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di ruas jalan yang sedang diperbaiki untuk meminimalisir kecelakaan,"pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: