10 Sungai disebut Sungai Terpanjang di Indonesia, Ada Keindahan Tersembunyi Loh !

10 Sungai disebut Sungai Terpanjang di Indonesia, Ada Keindahan Tersembunyi Loh !

Sungai Kahayan adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia berada di Provinsi Papua memiliki keindahan tersembunyi salah satunya mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat suku Dayak. Foto Tangkap Layar @Infokalteng repost foto @apziapzi_.--

Keindahan tersembunyi di Sungai Fly, penuh dengan burung dan kehidupan binatang. Konon ceritanya, nama sungai ini berdasarkan nama kapal HMS Fly, merupakan kapal yang dipergunakan oleh Kapten Blackwood untuk mengeksplorasi muara Sungai pada tahun 1842.

4. Sungai Mahakam dengan Panjang 980 km

Salah satu Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai berada di Pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur dengan panjang mencapai 920 kilometer adalah Sungai Mahakam.

Sungai Mahakam  yang berada di Selat Makasar ini melintasi  sejumlah di Selat Makasar.

BACA JUGA:10 Kreasi Es Teh Untuk Melepas Dahaga: Jenis, Resep, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Dengan menelusuri Sungai Mahakam, kamu akan mendapatkan keindahan tersembunyi pada Sungai ini, seperti memiliki pemandangan alam yang menakjubkan seperti hutan dan tebing tebing yang terlihat begitu alami, pemandangan rumah apung, Spot Taman Tepian Sungai Mahakam. 

Ada juga Panorama alam batu dinding pada Sungai Mahakam bagaikan tembok raksasa yang megah yang menjadi salah satu keajaiban menakjubkan di Pulau Kalimantan.

Tidak hanya itu, Sungai Mahakam ini juga kerap menjadi tempat bernaung habitat lumba lumba air tawar (Orcaella brevirostris) yang kenal dengan nama pesut. Ini dikabarkan spesies yang terancam punah. Dilokasi ini juga kulineran Tempo Doeloe. Bahkan ada Warung berdiri sejak tahun 1970 di tepi Sungai Mahakam.

5. Sungai Barito memiliki panjang 890 kilometer 

Salah satu sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Barito di Kalimantan Tengah mencapai 890 kilometer, mengalir dari hulu di Pegunungan Schwaner hingga bermuara di laut Jawa. 

BACA JUGA:10 Pemain Asal Asia dengan Bayaran Termahal, Siapa Saja Mereka?

Keunikannya dari Sungai Barito, adanya pasar tradisional diatas Sungai Barito.

Keindahan tersembunyi, terdapat Pulau Kaget berbentuk delta dibentuk dari Endapan lumpur yang timbul di dasar sungai dan letaknya berada didekat muara Sungai Barito yang mengalir melalui Kota Banjarmasin.

Pulau Kaget ini termasuk wilayah Konservasi BKSDA dimana wilayah berubah fungsi dari cagar alam menjadi suaka Margasatwa.

Tanah pada pulau ini sangat subur karena menyediakan mineral bermanfaat untuk vegetasi yang membentuk hutan lebat, menjadikan habitat beragam satwa liar salah satunya bekantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: