Doa Mandi Junub, Setelah Haid dan Nifas Disertai Penjelasan Dan Tata Cara Dari Ustadz Khalid Basalamah

Doa Mandi Junub, Setelah Haid dan Nifas Disertai Penjelasan Dan Tata Cara Dari Ustadz Khalid Basalamah

Ilustrasi-Foto pixabay.com-

 

Lalu yang ketiga berwudhu, sebagaimana wudhu untuk shalat, dengan catatan tetap menjaga wudhu dari perkara yang membatalkannya. Seperti buang angin, menyentuh kemaluan dengan tangan maupun yang lainnya.

 

Sehingga saat kita melakukan mandi junub atau yang sering disebut dengan mandi wajib, kita masih tetap dalam keadaan menjaga wudhu. Dalam artian, sebelum mandi untuk menghilangkan hadats besar, terlebih dahulu menghilangkan hadats kecil dengan wudhu tadi.

BACA JUGA:Jangan Takut, 4 Doa Ini Ampuh Terhindar dari Jin, Iblis dan Setan, Hafalkan!

Berikutnya yang keempat yakni membasahi air dengan tangan lantas menyela-nyela rambut dengan jari-jari sebanyak tiga kali. Saat menyela kepala tersebut, dimaksudkan agar air yang terdapat pada jari dapat mengenai kulit kepala.

 

Tata cara mandi junub yang kelima yakni mengguyurkan tiga cidukan air ke atas kepala hingga kulit kepala basah dengan sempurna. 

 

Ustadz Khalid Basalamah menerangkan, dalam sebuah riwayat hadits dikatakan bahwa  Nabi Muhammad SAW bersabda saat mengguyur, tangan sebelah memegang bagian sisi kanan kepala sehingga terasa di kulit kepala. 

 

Lalu mengguyur tubuh bagian kanan sebanyak tiga kali begitu juga sebaliknya mengguyur tubuh bagian kiri sebanyak tiga kali.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ada 5 Arti Doa Dalam Alquran, Terus Amalkan Agar Diberikan Keberkahan oleh Allah SWT

Lalu tata cara yang keenam yakni membasuh tubuh sebelah kanan dimulai dengan bagian tubuh paling atas yakni kepala hingga ke bagian tubuh paling bawah. Biarkan air mengucur dari atas kepala sampai ke tubuh bagian bawah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: