Serba Serbi Kendala Pada PPDB SMK/SMA tahun 2023/2024, Lengkap dengan Jurusan Favorit SMK di Bandar Lampung

Serba Serbi Kendala Pada PPDB SMK/SMA tahun 2023/2024, Lengkap dengan Jurusan Favorit SMK di Bandar Lampung

Siswi SMP sedang melakukan verifikasi berkas pada PPDB SMK di SMKN 2 Bandar lampung-Melida Rohlita-

BACA JUGA:Jalani Hukuman di Lapas Rajabasa, Karomani Bakal Buat Buku Perjalanan Kasus Suap Mahasiswa Baru Unila

Syarudin mengungkapkan, pada PPDB SMK terdapat beberapa jurusan yang menjadi pilihan, dan di SMKN 2 Bandar Lampung Jurusan Teknik Mesin yang masih menjadi pilihan favorit.

"Favorit itu ada di Jurusan TKR Otomotif dan TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan. Mengapa disebut favorit, jadi meski total semua kita tidak mengetahui tetapi untuk kuota sudah terpenuhi," ucapnya.

Ditanya apabila pada proses pendaftaran di web hanya memilih satu jurusan, apakah bisa memilih dua jurusan lainnya dengan datang ke sokolah? Dirinya menjawab bisa.

"Bisa, artinya nanti menghadap ke panitia untuk perbaikan asal satu sekolah dan belum terjadi verifikasi. Pada saat verifikasi banyak yang gugur karena ditentukan oleh nilai siswa pada sistem," jelasnya.

BACA JUGA:Top! Bank Mandiri Raih Gelar Bank BUMN Terbaik versi Forbes

Setali tiga uang, pada jenjang SMA pun terdapat kendala kesalahan yang hampir serupa, yakni lupa melakukan tanda-tangan, memasukan materai, dan lainnya.

Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung Hendra Putra menyarankan, pada calon pendaftar harus lebih jeli sebelum menuntaskan pendaftaran, pastikan data yang ter-upload juga sudah benar.

"Ya kalau belum lengkap akan ditolak dulu oleh panitia dan di situ sudah diberikan penjelasan apa kekurangan, selanjutnya calon pendaftar dapat mengajukan kembali pendaftarannya," ungkapnya.

"Kalau bisa jangan lebih dari 3 kali ajuan, nanti kartunya ditelan sama mesinnya," tandas Hendra. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: