Antisipasi Fenomena El Nino, Ini Langkah Diambil Dinkes Bandar Lampung untuk Pencegahan Kasus Dengue

Antisipasi Fenomena El Nino, Ini Langkah Diambil Dinkes Bandar Lampung untuk Pencegahan Kasus Dengue

Plt.Kadinkes Kota Bandar Lampung,Desti Mega Putri. Foto Instagram Desti Mega Putri--

BANDARLAMPUNG, RADAR LAMPUNG.CO.ID - Fenomena Elnino merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut (SML), dimana perubahan iklim ini biasanya diikuti dengan peningkatan kasus dengue.

Plt.Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri, menyampaikan hal tersebut kepada Radar Lampung pada hari Kamis, 15 Januari 2023.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Bandar Lampung, terus melakukan langkah komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dalam upaya kewaspadaan dini dan pengendalian dengue.

Yang meliputi, penyuluhan pada masyarakat untuk melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3 M Plus serentak dan larvasidasi, serta memastikan ketersediaan sarana dan prasarananya.

BACA JUGA:Selamat! Bank Mandiri Raih ISO 22301

Lebih rinci, Desti mengatakan bahwa fenomena Elnino ini biasanya juga diikuti dengan peningkatan kasus dengue.

Sehingga, kami Dinas Kesehatan menghimbau warga Bandar Lampung untuk tetap mewaspadai diri dan keluarga dari DBD.

"Kami (Dinas Kesehatan Bandar Lampung) meminta warga waspada guna meminimalisir potensi paparan penyakit yang biasa menjangkit di musim kemarau dan fenomena Elnino termasuk waspada akan penyakit DBD," tambah Desti 

Mengenai daerah Endemis di Bandar Lampung, Desti, menyampaikan ada sebanyak 107 kelurahan dari 126 kelurahan yang berada di kota Bandar Lampung merupakan Kelurahan Endemis Dengue.

BACA JUGA:Kode Redeem ML Sabtu 17 Juni 2023, Tukar Sekarang Dapat 15.000 Diamond Gratis Mobile Legends

Dari 107 kelurahan tersebut, lanjut Desti ada lima kelurahan dengan lima kelurahan dengan kasus tinggi, yakni Panjang Selatan, Rajabasa Jaya, Rajabasa Raya, Gedong Aer,  dan Sukarame. "Daerah Endemis itu terjadi karena kasusnya berulang setiap tahun di daerah itu," katanya.

Desti juga menginformasikan, bahwa ada Kasus DBD di Bandar Lampung  sejak Januari hingga 13 Juni 2023 total 112 kasus.

Dengan rincian Update kasus DBD dari Januari sampai dengan 13 Juni 2023, antara lain yakni Januari (25 kasus), Februari  (23 kasus), Maret (13 kasus), April (12 kasus), Mei (27 kasus),  dan Juni (12 kasus).

Oleh sebab itu, Desti menyampaikan beberapa langkah langkah untuk pencegahan  DBD dari fenomena El Nino, antara lain persiapan fisik perlu dilakukan guna meminimalkan potensi paparan DBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: