Seleksi Mandiri Masuk Unila Resmi Dibuka, Begini Mekanismenya

Seleksi Mandiri Masuk Unila Resmi Dibuka, Begini Mekanismenya

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bersamaan dengan pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Universitas Lampung (Unila) secara resmi membuka pendaftaran Jalur Mandiri bersama empat PTS yang ada di Lampung, Selasa, 20 Juni 2023.

Humas PMB Unila Fitra Dharma mengatakan, jika pada tahun-tahun sebelumnya Unila menggelar penerimaan jalur masuk bersama PTN Jalur Barat, kini Unila bersama empat PTS yang ada di Lampung yang diberi nama Seleksi Mandiri masuk Universitas Lampung tahun 2023.

Empat PTS yang dimaksud adalah IIB Darmajaya, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Muhammadiyah Lampung, dan Universitas Malahayati.

"Kalau tahun sebelumnya Unila bergabung dengan wilayah barat, berbeda dengan tahun ini kita mengajak beberapa PTS di Lampung untuk berkolaborasi dalam penerimaan mahasiswa baru," katanya. 

BACA JUGA:Dua Orang Pelaku Curat di Ringkus Polsek Sungkai Selatan Lampung Utara

Dirinya juga kembali mengungkapkan alasan mengapa Unila mengambil keputusan tersebut.

Yakni karena adanya kritikan dari PTS bahwa Unila mengambil calon-calon mahasiswa mereka, sehingga lantas mengakomodasi guna mencari solusi terbaik.

"Dari hasil evaluasi kami juga yang mengikuti jalur barat adalah untul menarik minat calon mahasiswa di luar Lampung, ternyata jumlahnya tidak signifikan," ujarnya.

Oleh karena itu, dengan menekankan slogan Unila Proaktif, transparan dan akuntable juga termasuk dalam mengembalikan marwah Unila.

BACA JUGA:Tim Terpadu P4GN Rakor Tanggap Narkoba Wujudkan Tanggamus Bersinar

"PMB Universitas Lampung berupaya meningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, sesuai dengan prinsip-prinsipnya yang telah dituangkan dalam regulasi," ungkapnya.

Harapannya, dengan peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru -PMB UNILA PROAKTIF (Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif), pihaknya mengharapkan agar Unila dapat menghasilkan SDM unggul dari para calon mahasiwa.

"Hal ini demi terciptanya Indonesia Emas dan mengembalikan marwah Universitas Lampung sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia," jelasnya.

Selain itu, kata Fitra, dalam seleksi tersebut tidak semua PTS diizikan untuk mengikutinya, yakni hanya PTS yang memiliki akreditasi 'Baik' hingga 'Unggul' saja yang bisa bergabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: