Benarkah Ikan Piranha Bisa Memakan Manusia? Ayo Kita 'Kenalan' Lebih Jauh

Benarkah Ikan Piranha Bisa Memakan Manusia? Ayo Kita 'Kenalan' Lebih Jauh

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ikan Piranha atau Pirana merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai Amazon dan sungai lainya di Amerika Selatan.

Nama ikan Piranha atau bisa disebut ikan karnivora ini cukup bikin bulu kuduk merinding, apalagi bagi kamu yang sudah menonton film mengenai seramnya serangan ikan piranha yang menyerang manusia.

Namun dalam kenyataannya hal itu hanya ada dalam film saja. Ya, diketahui ikan piranha dewasa hanya memakan makanan seperti biji-bijian, mamalia kecil hingga ular.

Namun jika sumber makanan di atas sudah langka dia temui, besar kemungkinan Piranha akan lebih agresif memakan apasaja yang ada di depannya.

BACA JUGA:Akhirnya, Penantian 8 Tahun Membuahkan Hasil, Amorphophallus Titanum Mekar di Taman Aracea KRL

Ikan Piranha sendiri dikenal orang venezuela dengan nama caribes, ikan ini juga sangat terkenal karena mempunyai gigi yang tajam hingga bisa merobek daging.

Ikan ini pada umumnya berwana hitam keabu-abuan, memiliki kepala yang tumpul dan pipih lalu bentuk tubuhnya bisa digambarkan oval dengan sirip yang tidak terlalu mengambang dengan ukuran 10 hingga 35cm.

Ikan Piranha Dewasa juga tidak bisa memakan manusia, namun lain hal jika manusia tersebut sudah menjadi bangkai.

Berbaga sumber menyebut bahwa hingga kini ikan piranhka memiliki 39 spesies yang hidup di benua Amerika.

BACA JUGA:Harga Emas Mulai Naik, Cek Harga Terbaru Hari Ini Selasa 11 Juli 2023

Bicara prilaku ikan piranha sebenarnya juga tidak terlalu agresif sebab keagresifan itu muncul pada saat melindungi dirinya dari lawan-lawannya.

Itupun menjadi alasan mengapa ikan ini hidup secara bergerombol seperti ikan kebanyakan.

Meski dikenal sebagai ikan pemakan daging, beberapa piranha juga vegetarian dan lebih cenderung mengkonsumsi biji-bijian saja.

Misalnya pada spesies spesies Tometes camunani yang hidup di lembah Trombetas, Pará, Brazil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: