7 Fakta Menarik Kepulauan Mentawai Sumatera Barat , Dari Ombak Terbaik di Dunia hingga Tradisi Runcingkan Gigi

7 Fakta Menarik Kepulauan Mentawai Sumatera Barat , Dari Ombak Terbaik di Dunia hingga Tradisi Runcingkan Gigi

Foto Instagram @alaiamentawai : 7 fakta menarik kepulauan Mentawai Sumatera Barat salah satunya ombak terbaik di dunia--

Oh ya,  Meruncingkan gigi ini juga dipercaya masyarakat Suku Mentawai Kepulauan Mentawai Sumatera Barat ini juga sebgai upaya mempercantik diri agar jiwa mereka bahagia dan merekapun berumur panjang.

4. Memiliki Taman nasional Siberut 

Kepulauan Mentawai tepatnya di Pulau Siberut terdapat Taman Nasional Siberut.

Taman Nasional Siberut di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat ini merupakan Rumah bagi Flora dan Fauna  disana terdapat  25 spesies Anggrek yang cukup terkenal dari Siberut  adalah Anggrek Bulan Putih.

Pada Taman Nasional juga terdapat empat spesies primata endemik yang terancam punah antara lain, Mentawai Lutung, Monyet Mentawai dah Beruk.

BACA JUGA:Tanda-tanda Kiamat yang Sudah Terjadi Hingga Tahun 2023

5. Pakaian Tradisional Mentawai

Tahukah Anda, Pakaian Tradisional masyarakat Kepulauan Mentawai itu pada prinsipnya identik sebagai jati diri orang mentawai dari keragaman pakaian  adatnya terlihat keragaman tradisi yang ada.

Adapun pakaian adat yang diperagakan pada FPM yaitu, ada pakaian pangurei ( pakaian pernikahan).

Lalu, baju pesta syukuran seperti kelahiran anak, pakaian saat mendapat hasil buruan di hutan, pakaian pergi ke ladang dan serta pakaian keseharian.

Pakaian adat paling lengkap yang dipakai orang Mentawai adalah pakaian pangurei. Pakaian adat juga tidak boleh sembaragan pakai, ada momen tertentu.

BACA JUGA:Barisan Gubernur Terkaya di Indonesia, Ada yang Hartanya Naik Tiga Kali Lipat

Dilanjutkan, di Mentawai ada tiga jenis pakaian adat yang umum digunakan sesuai dengan kegiatan yang di selenggarakan yaitu, pakaian adat sikerei, pakaian adat pangureijat dan pakaian sehari-hari seperti pergi ke ladang, mencari ikan, pergi berburu, acara ritual dan aktivitas lainnya.

Sedangkan bahan pembuatan pakaian adat Mentawai meliputi buluk kailabak,bulu goukgouk (bulu ayam), luat (ikat kepala), inu (kalung manik-manik), sikaira, Lai-lai tengah, komak (Rok), sabbok, sikairat dan lakka. Kalau untuk laki-laki tambahan aksesorisnya di pakai laigak leleu (jahe yang tumbuh di hutan).

Pada acara pesta perkawinan tambahan aksesoris bagi laki-laki yaitu aileppet dan mumunen. Dua jenis tanaman ini selalu dipakai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: