Tips untuk Para Pendaki Nih, Sebelum Mendaki Gunung, Siapkan 3 Hal Ini Supaya tak Hipotermia

Tips untuk Para Pendaki Nih, Sebelum Mendaki Gunung, Siapkan 3 Hal Ini Supaya tak Hipotermia

Bagi anda yang gemar wisata petualangan, tentunya tidak asing lagi dengan mendaki gunung. sebab mendaki gunung merupakan hobi yang sejak dulu banyak peminatnya. Foto Pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bagi anda yang gemar wisata petualangan, tentunya tidak asing lagi dengan mendaki gunung. sebab mendaki gunung merupakan hobi yang sejak dulu banyak peminatnya.

Karena, kegiatan ini sangatlah menarik untuk menikmati pemandangan - pemandangan hutan yang masih asri, ditambah dengan udara yang segar, dan keindahan alam ketika sampai di puncak alasan inilah yang membuat orang suka ketika mendaki gunung.

Namun, dalam mendaki gunung ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena risiko mendaki gunung tentunya besar bagi keselamatan.

Salah satunya, yaitu kesiapan fisik dalam menghadapi cuaca yang sangat dingin saat mendaki gunung. Biasanya jika seseorang tidak kuat dalam menghadapi udara dingin, akan berisiko terkena serangan hipotermia yang berakibat mengancam nyawa.

BACA JUGA:Di Mana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung, Peribahasa Pas untuk Kasus Viral Ini, Nomor 3 Bikin Haru

Hipotermia adalah serangan yang terjadi terhadap tubuh karena sudah tidak mampu menahan dinginnya udara di sekitar, maka tubuh akan menjadi sangat kedinginan, ditambah otot akan menjadi kaku dan yang paling parah bisa mengakibatkan kematian.

Jika keadaan hipotermia tidak segera ditangani, maka bisa terjadi kegagalan fungsi jantung serta peredaran darah, maupun sistem pernapasan yang pada akhirnya dapat berujung pada kematian.

Banyak orang percaya jika para pendaki gunung yang terkena hipotermia disebabkan oleh kurangnya persiapan saat mendaki.

Dilansir radarlampung.co.id dari banyak  sumber bagi kamu yang ingin mendaki gunung namun sebagai pemula, ada beberapa persiapan yang harus kamu siapkan apa saja itu. 

BACA JUGA:Sebelas Perwira TNI Angkatan Udara Naik Pangkat, Sembilan Pecah Bintang Jadi Jenderal

1. Yang pertama yaitu kamu harus persiapakan yaitu fisik dan mental sebab sebelum mendaki gunung hal itu menjadi perhatian utama dan sangat penting.

Pasalnya, kamu akan berjalan lebih jauh dari biasanya dan akan terjaga lebih lama dari biasanya.

Ada baiknya lakukanlah latihan sederhana selama 1 bulan sebelum anda melakukan pendakian. contohnya anda dapat melakukan latihan fisik seperti push up, ataupun lari, sit up, dan pull up. Lakukan hal itu secara rutin, minimal sehari selama 30 menit.

Setelah melakukan latihan fisik kamu juga harus mempersiapkan mental. Biasanya, saat mendaki gunung cuaca tak menentu. Bisa sesekali hujan deras, bahkan panas menderang. Kamu harus berpikir bagaimana cara agar mengatasi keadaan tersebut agar kamu tetap aman dan nyaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: