Kuliah Dua Tahun Bergelar Sarjana, Simak Kampusnya, Salah Satunya ada di Kabupaten Ini

Kuliah Dua Tahun Bergelar Sarjana, Simak Kampusnya, Salah Satunya ada di Kabupaten Ini

Pembahasan RPL kuliah Dua Tahun gelar sarjana. Foto tangkap layar Agus --

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Masyarakat mendapat kesempatan luas untuk meraih gelar Sarjana, tidak hanya 4 tahun, cukup 2 tahun saja sudah bisa menyandang gelar Sarjana.

Ya, kini gelar Sarjana bisa disandang hanya dalam tempo Dua Tahun dan tanpa skripsi lagi. Lo kok bisa?

Hal ini dapat terwujud menyusul di gulirkannya peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi Republik Indonesia nomor 41 tahun 2021 tentang rekognisi pembelajaran lampau (rpl).

Namun, tak semua kampus membuka program tersebut.

BACA JUGA:Miliki Pemandangan Indah dan Menakjubkan, ini Gunung di Indonesia yang Bisa Didaki untuk Para Pemula

Program ini berdasarkan dan implementasi, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau.

RPL adalah salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk mengakui kualifikasi seseorang serta memberikan motivasi dan kepercayaan diri seseorang untuk terus belajar sepanjang hayat.

Adapun tujuan Program tersebut, diantaranya meningkatkan akses untuk mengikuti pendidikan tinggi, sehingga dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi.

Selain itu, memberikan kesempatan kepada masyarakat yang telah memiliki pengalaman pada suatu bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk memperoleh kredit akademik melalui asesmen RPL.

BACA JUGA:20 Alumni Universitas Lampung yang Memiliki Pekerjaan Menjanjikan

Untuk kampus RPL Tipe A, dilakukan melalui pengakuan, Capaian Pembelajaran secara parsial untuk melanjutkan ke Pendidikan formal.

Pendidikan itu, yakni pengakuan hasil belajar yang diperoleh dari program studi pada Perguruan Tinggi sebelumnya.

Kemudian pendidikan nonformal atau informal; dan/atau,pengalaman kerja setelah lulus jenjang pendidikan menengah atau bentuk lain yang sederajat.

Sejumlah perguruan tinggi di Lampung juga menyelengarakan program ini seperti Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: