Satlantas Polresta Berlakukan Sistem Baru Uji Praktik SIM, Resmi Hapuskan Uji Praktik Lama

Satlantas Polresta Berlakukan Sistem Baru Uji Praktik SIM,  Resmi Hapuskan Uji Praktik Lama

Foto ilustrasi praktek uji sim dengan Trak S di satlantas Polresta Bandar Lampung . Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID -
Satlantas Polresta Bandar Lampung  sudah resmi memberlakukan sistem baru uji praktik per hari Senin, 7 Agustus 2023 yakni Uji Praktik SIM membentuk lurus huruf Y (Trak huruf S)  
 
Dengan memberlakukan uji praktik SIM, resmi Hapuskan sistem zigzag dan manuver angka 8.
 
Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, Kompol Ikhwan Syukri, menyampaikan Satlantas Polresta Bandar Lampung sejak Senin, 7 Agustus 2023 sudah  memberlakukan uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk lurus huruf Y (Trak S)
 
"Aturan terbaru Satlantas Polresta Bandar Lampung sudah mulai lurus dan membentuk huruf Y. Dengan Trak S sudah kita buat dan berlakukan," kata Ikhwan pada hari Senin, 7 Agustus 2023.
 
 
Untuk Pembayaran Uji praktek SIM, Ikhwan juga menyampaikan bahwa Pihaknya,  masih menerapkan pembayaran tunai melalui Bank.
 
Ikhwan menginformasikan bahwa Satlantas Polresta Bandar Lampung memberikan peluang kepada masyarakat untuk latihan di Satlantas di luar jam Pelayanan. 
 
"Saya yakin setiap orang yang mengikuti ujian itu harus  terlebih dahulu latihan. Nah, kami satlantas memberikan peluang kepada masyarakat yang ingin mencoba silahkan untuk latihan di Satlantas. Kami  membuka diri untuk masyarakat bimbel gratis," ucap Ikhwan 
 
Oleh sebab itu, Ikhwan menghimbau kepada 
masyarakat untuk latihan di Satlantas di luar jam Pelayanan. "Jadi silahkan bagi masyarakat yang ingin mencoba silahkan untuk latihan di Satlantas. Kami membuat untuk masyarakat bimbel gratis," jelasnya.
 
 
Ikhwan juga menginformasikan bahwa masyarakat yang gagal izin ujian praktek SIM  bisa melakukan pengulangan sampai saat ini dua Kali.
 
"Saya rasa masyarakat pasti bisa 1 kali juga. Maka dari itu agar bisa menyediakan bimbingan belajar (bimbel) gratis untuk masyarakat," kata Ikhwan.
 
Kendati demikian, Ikhwan belum bisa memberikan data pemohon ujian praktek SIM  dikarenakan sistem aplikasi masih maintenance (gangguan). "Kami masih gangguan sistem, makanya belum bisa maksimal menerima data pemohon SIM," ujarnya.
 
Terkait maintenance, Ikhwan menyampaikan sudah melakukan himbauan dan pemberitahuan, bahwa saat ini system kami sedang maintenance. Nanti, setelah sistemnya sudah bagus dan lancar kita panggil ulang. "Sistem maintenance dari tanggal berapa dari tanggal 1 Agustus 2023, maintenance seluruh Indonesia," ungkapnya.
 
 
Sebagai informasi, Para Pengendara motor dan mobil diwajibkan memiliki surat izin mengemudi. Namun, untuk mendapatkan SIM dengan Prosedur yang benar dianggap pemohon SIM tidak mudah.
 
Selain harus melalui ujian praktik. Khususnya, ujian praktik pembuatan SIM C. Di mana, pengemudi harus bisa mengendarai motor dengan baik.
 
Ujian praktik Slalom atau zigzag dan manuver angka 8 adalah bagian sulit dalam ujian praktik pembuatan SIM C.
 
Pemohon yang tidak mau pusing menjalani tes karena selalu gagal akhirnya mengambil jalan pintas.
 
 
Ya, istilahnya membuat SIM nembak dengan membayar tidak dengan sesuai ketentuan. Ini bukanlah rahasia umum.
 
Sekarang ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit telah mengintruksikan jajaran Satlantas untuk mempermudah pembuatan SIM. 
 
Ujian praktik Slalom atau zigzag dan manuver angka 8 Dihapuskan. Bagian ujian tersebut dianggap sulit.
 
Namun, kalau bisa lulus bisa main sirkus.Beberapa polres/polresta sudah mulai menghapuskan ujian tersebut.
 
 
Dari data yang dihimpun Radar Lampung, Untuk Sirkuit  uji praktek kendaraan roda dua baru, antara lain:
 
Pertama, Perubahan lintasan Menjadi sebuah sirkuit yang mengakomidir  empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zig zag test atau Slalom test.
 
Kedua, Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S.
 
Ketiga, Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1.5 kali lebar kendaraan menjadi 2.5 kali lebar. (*)
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: