FKUB Kota Metro Ajak Seluruh Masyarakat Ciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama

FKUB Kota Metro Ajak Seluruh Masyarakat Ciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama

Foto FKUB Lampung : Ketua FKUB Lampung,Dr.M.Baharudin bersama Kakanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo bersilahturahmi salah satu gereja di Lampung.Ini sebagai bukti Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Lampung.--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menyosialisasikan Peraturan Bersama Menteri Agama Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadat serta penguatan moderasi beragama.

Ketua FKUB Kota Metro, Sujino, menuturkan, sosialisasi yang dilakukan kepada lurah, camat, dan juga masyarakat tersebut diharapkan nantinya dapat mempunyai pemahaman yang sama dalam menjaga serta meningkatkan kerukunan umat bergama di Bumi Sai Wawai.

“Semuanya tidak ingin menghendaki adanya gesekan antar umat beragama. Apalagi di kota kecil ini, jika ada orang yang sengaja ingin memporak porandakan kerukunan, itu adalah hal yang sangat menyedihkan,” ujarnya.

Dikatakannya, sosialisasi yang dilakukan serta Penguatan Moderasi Beragama tersebut guna memberikan pemahaman kepada lurah, camat maupun masyarakat tentang pentingnya memelihara kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama maupun pendirian rumah ibadat.

BACA JUGA:Sulam Ulat Mesuji Resmi Memiliki Hak Paten, Ini Harapan Ketua Dekrnasda Pemkab

Sehingga nantinya akan terwujud kerukunan antar umat beragama.

Ia menuturkan, ada tiga kelurahan yang akan dijadikan Kelurahan Moderasi Beragama, salah satunya adalah Kelurahan Yosomulyo.

Di mana sebelumnya, Kelurahan Yosodadi telah ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama,

“Ya saat ini sedang didiskusikan bersama dengan dari Kanwil Kementerian Agama,”imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Metro sekaligus Ketua Dewan Pembina FKUB Metro, Qomaru Zaman mengatakan, hadirnya FKUB di Kota Metro diharapkan dapat menetralisir segala persoalan yang berkaitan dengan agama di Bumi Sai Wawai. 

BACA JUGA:Muncul Limbah Hitam di Perairan Bengkunat, Ini Kata DLH Lampung

“Dengan hadirnya FKUB di tengah masyarakat, diharapkan dapat menjadi percontohan suasana keagamaan yang indah dan bagus oleh semua masyarakat,” ujarnya. 

Qomaru juga meminta, FKUB bersama masyarakat dapat menjaga toleransi umat beragama dan menciptakan suasana damai di tahun politik ini.

“Apalagi memasuki tahun politik ini, kita semua bisa menjaga toleransi umat beragama dan menciptakan suasana damai di tahun politik ini,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: