Antisipasi Krisis Air Bersih, Ini yang Dilakukan Pemkab dan Polres Lampung Timur

Antisipasi Krisis Air Bersih, Ini yang Dilakukan Pemkab dan Polres Lampung Timur

Fenomena El Nino yang memicu terjadinya kemarau panjang di wilayah Kabupaten Kabupaten Lampung Timur dikhawatirkan berdampak pada krisis air. --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Fenomena El Nino yang memicu terjadinya kemarau panjang di wilayah Kabupaten Kabupaten Lampung Timur dikhawatirkan berdampak pada krisis air. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lampung Timur Taufik Hidayat menjelaskan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dampak el nino akan mencapai puncaknya pada Agustus hingga September 2023.

Menyikapi informasi tersebut Badan Nasional Penanggulangan Bencana menerbitkan surat nomor B-201/BNPB/DII/BP.03.02/07/2023 tentang langkah-langkah kesiapsiagaan mengantisipasi dampak el nino.

Dilanjutkan, menindaklanjuti surat dari BNPB tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah menerbitkan surat edaran nomor 360/420/26-SK/2023 tentang himbauan terhadap kesiapsiagaan menghadapi dampak el nino.

BACA JUGA:Ini Mahasiswa Berprestasi UMPRI, Simak Daftarnya

Melaui surat yang ditandatagani Bupati M.Dawam Rahardjo tetanggal 14 Agustus 2023 tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menghimbau kepada para camat, kepala desa dan masyarakat mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak el nino.

Langkah yang dapat harus dilakukan antara lain, mengoptimalkan, daerah aliran sungai. Kemudian, memantau dan segera mengambil langkah penanganan dan terhadap potensi kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan.

Lebih lanjut dijelaskan,  BPBD Lampung Timur juga menyiagakan sarana dan prasarana serta personil untuk membantu mengatasi krisis air.

"Kalau masyarakat membutuhkan air bersih. BPBD Lamtim siap mensuplai air bersih ke daerah yang mengalami krisis air," jelas Taufik Hidayat mewakili Sekretaris BPBD Lamtim Herunada, Minggu 3 September 2023.

BACA JUGA:3 Keuntungan Pakai Livin by Mandiri, Layanan Finansial Lengkap Tanpa Harus Ke Kantor Cabang Bank Mandiri

Ditambahkan, selain siap membantu mengatasi krisis air bersih. BPBD Lamtim juga menyiagakan sarana dan prasaran serta personil untuk mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya, bila terjadi bencana masyarakat dapat menghubungi call centre BPBD Lamtim pada nomor 082196616840 dan nomor tanggap darurat pada nomor 08821358570.

Upaya pencegahan krisis air bersih sebagai dampak kemarau panjang juga dilaksanakan Polres Lampung Timur.

Kapolres Lampung Timur AKBP M.Rizal Muchtar menjelaskan, ketersediaan air sangat vital bagi masyarakat untuk kehidupan dan kebutuhan rumah tangga sehari hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: