Unila Terima Hibah PKKM Untuk Tiga Prodi dan Hibah Penelitian MBKM

Unila Terima Hibah PKKM Untuk Tiga Prodi dan Hibah Penelitian MBKM

Universitas Lampung --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Komitmen Universitas Lampung (Unila) dalam mendukung penerapan program Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dibuktikan dengan melanjutkan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Batch 2.

Di mana, Unila berhasil mendapatkan hibah untuk program PKKM ini pada tiga program studi, yaitu agribisnis, teknik elektro, dan kimia. Hibah ini memungkinkan Unila untuk terus mengeluarkan inovasi dan riset yang bermanfaat.

Tidak hanya itu, Unila juga telah enerima hibah untuk penelitian MBKM yang melibatkan dosen-dosen mereka. Setiap judul penelitian mendapatkan dana sebesar Rp50 juta dan melibatkan minimal sepuluh mahasiswa.

Ketua Pusat PPK-MBKM, Dr. Neni Hasniunidah, M.Si., mengatakan tahun 2022 lalu program MBKM ini melibatkan 62 peneliti, terbagi menjadi periode satu sebanyak 50 peneliti dan periode dua sebanyak 12 peneliti.

BACA JUGA:90 Sekolah di Lampung Terima Boskin Prestasi

"Untuk tahun ini, terdapat 50 peneliti pada periode satu dan masih ada kemungkinan peningkatan pada periode dua. Meskipun belum terjadi peningkatan jumlah anggaran dan keterlibatan pada tahun ini, Unila tetap bersemangat untuk berkontribusi dalam MBKM," katanya.

Selain itu, keterlibatan mahasiswa dalam Program MBKM mengalami peningkatan yang signifikan.

Pada tahun ajaran genap dan ganjil sebelumnya, sekitar 1.690 mahasiswa mengikuti program MBKM.

Sementara pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, 1.348 mahasiswa sudah terlibat dalam MBKM, belum termasuk tahun ajaran ganjil. Ini adalah bukti konkret dari peningkatan yang cukup besar dari tahun ke tahun.

BACA JUGA:Mau Pinjam Uang Dengan Mudah dan Cepat? Daftar Bank Jago untuk Ajukan Pinjaman Tunai Jutaan Rupiah

Unila tetap berkomitmen untuk mendukung Program MBKM dan PKKM sebagai bagian dari upaya mereka dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang merdeka dan inovatif.

Tidak hanya mahasiswa namun juga melibatkan dosen, mahasiswa, dan melanjutkan riset, Unila berharap dapat terus memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

Untuk diketahui, PKKM merupakan salah satu program yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang bertujuan untuk mendukung kebijakan kampus merdeka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: