Begini Tips Menghindari Penipuan Online di Watshaap yang Marak Terjadi Belakangan Ini

Begini Tips Menghindari Penipuan Online di Watshaap yang Marak Terjadi Belakangan Ini

Modus penipuan melalui whatsApp. Foto dokumentasi Pixabay--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Beberapa waktu belakangan ini, marak sekali modus modus yang beredar mengenai penipuan online di aplikasi pesan WhatsApp (WA) dengan berbagai macam metode.

Terdapat beberapa modus penipuan online di WA. Antara lain dengan membagi bagikan link undangan pernikahan palsu kemudian link tagihan BPJS kesehatan palsu, surat tilang palsu, serta kurir paket palsu.

Perlu anda ketahui bahwa Link Watshaap palsu tersebut hanya dijadikan Sebagai alat agar bisa mengelabui korban supaya bisa dapat melakukan tindakan lanjutan yang diinginkan penipu, yaitu dapat menginstal file aplikasi APK (format aplikasi untuk ponsel Android).

Upaya itu supaya dapat mengelabui korbannya dengan link WA palsu yang diabagikan tersebut. 

BACA JUGA:Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy S21, Galaxy S22 dan Galaxy S23, Mana yang Lebih Menarik?

Aplikasi yang dibagikan melalui informasi phising bukanlah aplikasi biasa, melainkan dapat merugikan korban.

Jadi jika aplikasi APK jahat itu diinstal, maka si penipu akan memperoleh akses tanpa sepengetahuan ke berbagai layanan di ponsel korban seperti SMS. lalu, dia akan mencuri data rahasia yang ada di dalamnya.

Modus dari penipuan online di Watshaap melalui informasi phising yang sedang marak terjadi ini sudah menelan beberapa korban dan juga berhasil mencuri hingga jutaan rupiah.

Untuk membuat korban percaya, penipu bakal menggunakan metode phising yang bervariasi.

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Kerugian Akibat Penurunan Limit Pinjaman Akulaku

Lalu, seperti apa cara agar dapat terhindar dari penipuan online tersebut? Walapun metode phising di dalam modus penipuan online selalu berganti ganti, tetapi terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan agar terhindar darinya.

Agar selalu lebih waspada dan tidak muncul muncul korban lainnya, berikut ini sudah di rangkum dan dilansir radarlampung.co.id dari berbagai macam sumber tentang tips dan cara supaya terhindar dari penipuan online di Watshaap (WA) yang sedang marak terjadi belakangan ini.

1. Jangan instal aplikasi APK yang diberikan

Langkah pertama agar terhindar dari penipuan di Watshaap yaitu, jangan  sekali-kali anda untuk menginstal aplikasi APK yang diberikan oleh penipu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: