Ratusan Mahasiswa Berlomba di Event ONMIPA-PT 2023 Unila

Ratusan Mahasiswa Berlomba di Event ONMIPA-PT 2023 Unila

Ratusan Mahasiswa Berlomba di Event ONMIPA-PT 2023 Unila--unila.ac.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Universitas Lampung atau Unila menggelar Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tingkat universitas tahun 2023.

Event ini diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di kampus tersebut.

ONMIPA-PT 2023 diikuti oleh 158 mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Teknik (FT) di Unila. 

BACA JUGA:Unila jadi Tuan Rumah Kongres HATHI, Ini Penjelasannya

Para mahasiswa bersaing dalam berbagai bidang ilmu, termasuk Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika.

Pembukaan resmi ONMIPA-PT 2023 dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., pada tanggal 12 April 2023, di ruang sidang satu lantai empat Rektorat Unila. 

Acara ini merupakan bagian dari upaya Unila untuk mendorong prestasi akademik mahasiswa dan meningkatkan minat mereka terhadap ilmu pengetahuan alam dan matematika.

BACA JUGA:Kisah Mahasiswa Unila yang Magang di DJHAM Kemenkumham

Ketua Pelaksana ONMIPA Unila tahun 2023, Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, S.Si., M.Si., melaporkan bahwa ada 158 peserta yang berpartisipasi dalam olimpiade. 

Mereka bersaing dalam empat bidang yang diperlombakan, dengan perincian 50 peserta untuk Biologi, 30 peserta untuk Kimia, 34 peserta untuk Fisika, dan 44 peserta untuk Matematika.

ONMIPA adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemendikbudristek RI). Kompetisi ini memiliki tahapan mulai dari tingkat universitas, wilayah, hingga mencapai tingkat nasional.

BACA JUGA:13 Prodi Universitas Lampung Diakui Internasional

Selain meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi, ONMIPA-PT juga bertujuan untuk memotivasi mahasiswa agar dapat meningkatkan kemampuan akademik, wawasan, dan cinta mereka terhadap ilmu pengetahuan alam dan matematika.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: