Mau Kuliah Sambil Kerja? Ini Tips Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja yang Harus Kamu Ketahui

Mau Kuliah Sambil Kerja? Ini Tips Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja yang Harus Kamu Ketahui

Berikut ini beberapa cara mengatur waktu kuliah sambil kerja yang harus kamu ketahui.-ILUSTRASI/FOTO/PIXABAY-COM-pixabay

RADARLAMPUNG.CO.ID - Saat kuliah di Universitas sangatlah disarankan untuk masuk dunia kerja yang kompetitif. Dan tidak sedikit pula karyawan yang upgrade diri dengan cara melanjutkan pendidikan sambil bekerja.

Di sisi lain, tak sedikit pula mahasiswa yang membutuhkan kerja saat kuliah.

Tetapi, bagi kamu yang ingin kuliah sambil bekerja, hal yang harus dilakukan adalah mengatur waktu dengan baik karena kesibukan dan tanggung jawab akan bertambah.

Tak hanya itu, kamu juga perlu strategi khusus agar keduanya bisa dijalankan dengan secara baik dan optimal.

Dikutip dari berbagai sumber berikut ini adalah cara mengatur waktu kuliah sambil kerja secara efektif.

BACA JUGA:Nyaman dan Kekinian, Ini Tips Outfit Nonton Konser yang Wajib Kamu Ikuti

1. Pilih jurusan kuliah yang menunjang karir kamu saat ini

Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passionkamu tentu akan lebih mudah jika sesuai dengan bidang pekerjaanmu.

Selain, ilmu yang dipelajari di kampus bisa langsung diterapkan di dunia kerja, kamu juga akan lebih mudah memahami materi mata kuliah yang kamu pelajari di jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Materi kuliah yang akan kamu terima tidak akan terlalu sulit bagi kamu yang sudah mengetahui sedikit  tentang bidang ini.

Dengan cara ini, kamu bisa lebih menikmatinya dan lebih serius dalam mencapai keduanya. Hasil yang didapat pun akan semakin optimal.

BACA JUGA:Tips Fashion di Kalangan Remaja Wanita, Nomor 2 Bagus untuk Sesekali Kamu Coba

2. Manfaatkan waktu weekend untuk bekerja

Bagi yang kuliah di sebuah universitas seperti, hari Senin sampai Jumat akan lebih dominan digunakan untuk belajar.

Waktunya pun akan digunakan hampir seharian penuh mulai dari pagi hingga sore hari.

Kondisi seperti ini pasti akan membuat kamu kesulitan dalam membagi waktu untuk bekerja. Oleh karena itu, cara efektif membagi waktu antara belajar dan bekerja adalah dengan memilih bekerja di hari weekend.

Saat ini banyak sekali perusahaan  yang membutuhkan karyawan part time, pekerjaan ini bisa disebut juga freelance atau panggilan dan jam kerja part time biasanya pada hari weekend atau malam hari.

BACA JUGA:Cukup dengan Masker Alami, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Wanita

Apabila merasa tidak mampu atau terlalu lelah untuk bekerja pada malam hari, dapat bekerja pada saat weekend atau Sabtu dan Minggu.

Dari situ, kamu dapat menggunakan waktu dengan lebih efektif  daripada menggunakannya untuk hal-hal yang kurang penting seperti bermain game dan lain sebagainya.

3. Atur jadwal dan disiplin waktu

Disiplin waktu merupakan hal yang penting dalam cara membagi waktu kuliah sambil bekerja. Strategi manajemen waktu kamu mungkin tidak akan maksimal jika tidak bisa disiplin dan terus-menerus menyepelekan waktu.

Agar tidak merasa terpaksa membagi waktu, aturlah agenda kegiatan dengan merinci secara lengkap seperti berapa lama waktu mengerjakan tugas kuliah,mencatat batas waktu jam mata kuliah, mencatat jam kerja, waktu istirahat, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Untuk Para Pria, Mau Rambut Sehat Alami? Coba Cara Ini

Mengatur jadwal dan disiplin waktu akan membantu kamu bekerja secara produktif dan menghindari penundaan. Hindari menyelesaikan tugas mendekati waktu deadline agar mencapai hasil yang maksimal.

4. Kurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas yang tidak perlu

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, hindari menghabiskan waktu luang untuk kegiatan yang kurang penting atau kegiatan yang dapat mempengaruhi kuliah dan pekerjaan.

Waktu yang kamu habiskan untuk liburan akan terbuang sia-sia, waktu yang seharusnya kamu habiskan untuk mengerjakan tugas kuliah atau bekerja untuk meringankan bebanmu. Bukan berarti kamu tidak bisa pergi berlibur, hanya saja waktu kamu untuk bepergian lebih sedikit.

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya sebelum terlambat, tidak ada salahnya kuliah sambil bekerja.

BACA JUGA:7 Tips Memulai Bisnis Kopi Kekinian Anti Gagal, Nomor 2 Bisa Jadi Penentu

Ya, dengan kuliah dan bekerja banyak hal positif yang bisa kita peroleh, mulai dari mendapatkan penghasilan hingga menambah pengalaman. Selain, itu kita juga bisa membangun banyak relasi yang baik untuk kehidupan selanjutnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat memilih kuliah sambil bekerja. Tentu saja, memiliki pekerjaan ketika kuliah bukanlah hal yang mudah.

Saat orang lain sedang sibuk liburan, kamu perlu melakukan aktivitas untuk menghasilkan uang. Namun jika kamu pintar cara mengatur waktu dengan baik itu bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: