Laksanaan Program Desa Binaan, Balai Pemdes di Lampung Kunjungi Gampong Lampineung, Aceh Besar

Laksanaan Program Desa Binaan, Balai Pemdes di Lampung Kunjungi Gampong Lampineung, Aceh Besar

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Balai Pemdes di Lampung Kemendagri melakukan kegiatan kunjungan ke Gampong Lampineung, Kec. Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, Jumat 20 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dalam rangka pelaksanaan program Desa Binaan guna mendukung tata kelola pemerintahan desa yang baik, khususnya di wilayah Sumatera.

Gampong Lampineung ditunjuk sebagai Desa Binaan penerapan pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi Siskeudes di Provinsi Aceh, karena dinilai telah cukup baik dalam melakukan tata kelola keuangan desa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Pemdes di lampung Irsan S.H., M.Si., Ph.D. bersama tim, Kabid Pemerintahan dan Pengembangan Mukim dan Gampong Dinas PMG Aceh Besar Mustika Arianto ST.

BACA JUGA:Kode Redeem ML Hari Ini Sabtu 21 Oktober 2023, Dapatkan Selena Thunder Flash Mobile Legends

Kemudian Kasi Pemerintahan Kec. Baitussalam Wahidin, S.Sos serta jajaran Aparat Pemerintah dan Tuha Peut Gampong Lampineung dan Gampong Lampuuk Kec. Kuto Baro Kabupaten Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung menyatakan, sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi Balai Pemerintahan Desa di Lampung dalam meningkatkan kapasitas Aparatur Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa, perlu dilakukan sinergi dan kolaborasi dengan desa binaan. 

Melalui Desa Binaan, diharapkan desa yang sudah menjalankan tata kelola pemerintahan desa dengan baik, bisa mentransformasi pengetahuan dan pengalamannya kepada desa-desa lainnya dalam satu wilayah provinsi.

Sementara itu, pemerintah Gampong Lampineung dan Gampong Lampuuk yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat menyambut baik inisiasi dari Balai Pemerintahan Desa di Lampung dengan membentuk Desa Binaan khususnya terkait dengan penerapan Siskeudes.

BACA JUGA:Kode Redeem FF Hari Ini Sabtu 21 Oktober 2023 Berhadiah Famas Warrior's Spirit Free Fire

Sehingga harapannya terjadi percepatan transformasi pengetahuan dan pengalaman bagi desa-desa khususnya di Kabupaten Aceh Besar dan Provinsi Aceh pada umumnya.

Kegiatan yang diisi dengan diskusi dan tanya jawab tersebut juga membahas perlunya diberikan porsi lebih untuk kegiatan pelatihan bagi Aparatur Gampong dan Pengurus Kelembagaan Gampong di Aceh Besar yang selama ini masih sangat minim.

Sehari sebelumnya, pada tanggal 19 Oktober 2023 Kepala Balai Pemerintahan Desa di Lampung dan Tim, melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PMG) Provinsi Aceh mewakil kepala dinas Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong Syahyadi S.Pi., M.Sc..

Juga diskusi langsung dengan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar Carbaini S.Ag. (*/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: