Harga Cabai di Pesisir Barat Naik, Rawit Merah Rp 70 Ribu per Kilogram

Harga Cabai di Pesisir Barat Naik, Rawit Merah Rp 70 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit dan cabai merah di Pasar tradisional Kabupaten Tanggamus, masih bertahan Rp 32 ribu per kilogram.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Harga cabai di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kini kembali mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal itu dipengaruhi karena stok dipasaran sedikit, juga akibat harga cabai dari petani juga mengalami kenaikan.

Kabid Perdagangan, Panji Adha Santoso, mendampingi Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Pesbar, Siswandi, mengatakan, dari hasil monitoring yang dilakukan disejumlah pasar tradisional, seperti di Pasar Way Batu, Kecamatan Pesisir Tengah, yang merupakan pasar induk Kabupaten setempat,diketahui harga cabai rata-rata mengalami kenaikan.

“Seperti harga cabai merah besar naik menjadi Rp60-65 ribu/Kilogram (Kg) dari harga sebelumnya berkisar Rp35 ribu-47.500,-/Kg,” kata dia, Selasa (31/10/2023).

BACA JUGA:Makna Lukisan Raden Saleh, Simbol Abadi Pengkhianatan Belanda Kepada Pangeran Diponegoro

Begitu juga, harga cabai merah keriting naik menjadi Rp65 ribu/Kg dari sebelumnya berkisar Rp40-50 ribu/Kg. Sedangkan, untuk harga cabai rawit merah mengalami kenaikan yang cukup tinggi mencapai Rp70 ribu/Kg, dari sebelumnya berkisar Rp45-50 ribu/Kg atau mengalami kenaikan berkisar Rp20-25 ribu/Kg, serta cabai rawit hijau juga naik menjadi Rp60-63 ribu/Kg dari harga sebelumnya berkisar Rp38-40 ribu/Kg.

“Kenaikan harga cabai yang dikarenakan stok dipasaran sedikit dan harga dari petani juga mengalami kenaikan itu juga kemungkinan karena dampak dari musim kemarau,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, untuk harga kebutuhan bahan pokok (sembako) lainnya rata-rata masih cukup stabil begitu juga dengan stoknya tidak ada kendala. Seperti untuk harga beras medium masih berkisar Rp14 ribu/Kg, sedangkan beras premium berkisar Rp14.600,-/Kg. Kemudian, gula pasir juga masih stabil berkisar Rp15 ribu/Kg, minyak goreng curah masih stabil yakni Rp14 ribu/Liter, MinyaKita juga masih berkisar Rp16 ribu/Liter, dan harga minyak kemasan (refil) masih stabil yakni Rp23-24 ribu/Liter.

BACA JUGA:Hasil Pilkades Serentak Lampung Timur, 37 Incumbent Tumbang

Selanjutnya, harga tepung terigu masih berkisar Rp12-13 ribu/Kg, kacang kedelai lokal Rp15 ribu/Kg, daging sapi masih berkisar Rp150 ribu/Kg, ayam broiler masih berkisar Rp35 ribu/Kg. Sedangkan ayam kampung berkisar Rp50-55 ribu/Kg. Selain itu, untuk harga telur ayam Ras/Broiler juga masih stabil berkisar Rp25 ribu/Kg, sedangkan telur ayam kampung berkisar Rp34-35 ribu/Kg.

“Untuk bawang putih masih stabil berkisar Rp35 ribu/Kg, dan bawang merah berkisar Rp20 ribu/Kg, begitu juga dengan kondisi harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pesbar ini rata-rata masih stabil,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: