Tim Pembina Samsat Sebut Kegiatan di SPBU Hanya Untuk Pendataan dan Edukasi

Tim Pembina Samsat Sebut Kegiatan di SPBU Hanya Untuk Pendataan dan Edukasi

Sekretaris Bapenda Lampung Jon Novri bersama tim pembina samsat Lampung lakukan konferensi pers.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Lampung tegaskan bahwa kegiatan yang akan dilakukan tim pembina samsat di SPBU bukan untuk penindakan dan penegakan hukum.

Namun kegiatan yang akan dilakukan tim pembina samsat Provinsi Lampung itu untuk melakukan pendataan, survei, dan edukasi kepada kendaraan mati pajak.

Direncanakan ada lima SPBU yang akan menjadi tempat pendataan, survei, dan edukasi kendaraan mati pajak di Kota Bandar Lampung oleh tim pembina samsat.

Sekretaris Bapenda Lampung Jon Novri mengatakan, pemerintah daerah melakukan upaya-upaya untuk mengoptimalkan pendataan asli daerah dalam hal ini pajak kendaraan bermotor (PKB).

BACA JUGA:Intip Harta Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie yang Bacakan Putusan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Hakim

Dalam pengoptimalan PKB ini, kata Jon Novri, pihaknya telah memberikan kemudahan-kemudahan kepada wajib pajak untuk membayar PKB. 

"Seperti dengan digitaliasai juga ada program keringanan pajak yang dilakukan tahun 2021 dan 2023 ini," ujar Jon Novri pada konferensi pers di Ruang Abung, Selasa 7 November 2023.

Selain itu, Jon Novri menerangkan bahwa upaya-upaya lanjutan tim pembina samsat Provinsi Lampung dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dengan turun kelapangan.

Seperti yang dilakukan pada September 2023 lalu, tim pembina samsat melakukan pendataan, survei, dan edukasi kepada wajib pajak yang kendaraannya mati pajak.

BACA JUGA:Golongan Darah Manusia yang Miliki 4 Karakteristik dan Sifatnya Masing-masing, Golda A Tahan Gigitan Nyamuk

"Dimulai dari lingkungan pemerintahan baik di pemda maupun instansi vertikal, BUMN, BUMD, sampai pusat keramaian seperti pasar, mall, san lainnya," ungkapnya.

"Langkah lanjutan salah satu usaha pendataan, survei, dan edukasi kita lakukan di lima SPBU yang ada di Bandar Lampung. Tapi ini masih dibahas belum direalisasikan," sambungnya.

Pada pelaksanaan pendataan, survei, dan edukasi di SPBU, Jon Novri menegaskan bahwa kegiatan tersebut bukan dalam bentuk razia atau penagihan pajak kendaraan bermotor.

"Jadi kita bukan dalam bentuk penindakan. Tapi kegiatan yang dilakukan ini sama dengan yang dilakukan September lalu, hanya lokus yang berpindah ke SPBU," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: