Jaga Stabilitas Harga Pangan Hingga Akhir Tahun, Pemprov Siap Berikan Subsidi Transportasi

Jaga Stabilitas Harga Pangan Hingga Akhir Tahun, Pemprov Siap Berikan Subsidi Transportasi

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setprov Lampung Kusnardi.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Lampung akan terus menjaga stabilisasi harga pangan hingga akhir tahun 2023 ini.

Stabilisasi harga pangan ini dalam rangka menjaga konsumsi masyarakat, terutama jelang Natal dan Tahun Baru.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setprov Lampung Kusnardi mengatakan, pemprov terus melakukan stabilisasi harga.

"Stabilisasi harga tetap kita lakukan, apalagi ini mau Nataru. Pokoknya kalau ada harga mau naik cari penyebabnya," ujar Kusnardi, Senin 23 November 2023.

BACA JUGA:Jago Merah Hanguskan Rumah Warga Semaka Tanggamus Lampung, Kerugian Mencapai Seratusan Juta

Stabilisasi harga pangan ini, kata Kusnardi, dilakukan dengan cara melakukan pengawasan harga komoditi secara rutin di lapangan.

Tujuannya agar kenaikan salah satu harga komoditi berdampak kepada kenaikan inflasi bulan Provinsi Lampung.

Diakui Kusnardi, harga menjadi indikator utama dalam menjaga stabilitas ekonomi. Sehingga pengawasan rutin perlu dilakukan.

"Kalau harga komoditas terlihat mulai naik kita bisa menganalisis kendalanya dimana. Apakah dari sisi pasokan dalam artian produksi terhambat atau dari distribusi," ungkapnya.

BACA JUGA:30 Petugas Disiapkan Selama Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Pemprov Lampung

"Sehingga dengan seperti itu bisa cepat dicari solusinya, terlebih lagi di akhir tahun biasanya harga cenderung meningkat pada beberapa komoditas,” tuturnya.

Lanjut Kusnardi, upaya yang dilakukan untuk mencegah kenaikan harga komoditi selain dengan pengawas rutin juga dengan oprasi pasar.

Akhir tahun ini, disampaikan Kusnardi, Pemprov Lampung akan menggelar oprasi pasar atau pasar murah dengan mensubsidi beras medium dari dana belanja tidak terduga (BTT).

"Mudah-mudahan lancar, pak gubernur sudah menyetujui dana BTT untuk operasi pasar beras medium. Kita subisidi harga," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: