Dikira Punah, Ilmuwan Tiba-tiba Temukan Hewan Purba Mamalia Bertelur Ini di Pegunungan Papua

Echidna Attenborough, hewan purba yang dikira telah punah ditemukan terekam di pegunungan di Papua.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Secara mengejutkan, seorang ilmuwan ternama berhasil merekam video hewan purba yang dianggap telah punah.

Istimewanya, hewan purba yang dianggap telah punah tersebut ditemukan di salah satu pegunungan Indonesia.

Ya, hewan purba yang dianggap telah punah tersebut ditemukan terekam sebuah video yang sengaka dipasang di Pegunungan Cycloop, Provinsi Papua

Hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara bertelur tersebut mempunyai nama unik yang diambil dari nama ahli biologi terkenal, Sir David Attenborough.

BACA JUGA:6 Provinsi di Indonesia Penghasil Tambang Batu Bara Terbesar, Kalimantan dan Sumatera Bersaing, Papua Urutan?

Tak ayal, kemunculan makhluk yang sangat langka ini membuktikan bahwasanya mamalia tersebut belum punah seperti yang dikhawatirkan.

Terbukti, mamalia tersebut berhasil ditemukan pada ekspedisi yang dipimpin Universitas Oxford dalam menjelajahi Pegunungan Cycloop di Provinsi Papua.

Bagi yang belum tahu, warga lokal di Papua menyebut pegunungan keramat yang membentang sejauh 36 kilometer tersebut dengan sebutan Pegunungan Dobonsolo atau Pegunungan Dafonsoro.

Nah, memanfaatkan kamera tersembunyi, para ilmuwan berhasil merekam gambar mamalia bernama echidna Attenborough selama tiga detik.

BACA JUGA:Daftar Kapolsek Jajaran Polda Lampung Terbaru Berdasar Mutasi Polri 2023, Satu Polwan Pimpin Polsek di Lampung

Sekilas, Echidna Attenborough mempunyai ciri fisik kulit berduri mirip landak. Hanya saja, mulutnya menyerupai paruh bebek.

Lantaran keberadaannya yang sempat dianggap punah, Echidna Attenborough kini diberi julukan 'fosil hidup'.

Di mana, mamalia ini diyakini muncul sekitar 200 juta tahun silam, semasa dinosaurus masih menghuni bumi.

Dan, penemuan ini menjadi satu-satunya bukti keberadaan echidna adalah spesies yang dinamakan Zaglossus attenboroughi.