Teknik Industri Itera Gelar Pendampingan Sertifikasi Halal, Pada UMKM Kerupuk Ikan Palembang PD Citra Tradia

Teknik Industri  Itera Gelar Pendampingan Sertifikasi Halal, Pada UMKM Kerupuk Ikan Palembang PD Citra Tradia

Tim PKM Teknik Industri Itera berfoto bersama Pegawai dan Pengelola UMKM Kerupuk Ikan Palembang PD.Citra Tradia usai pelaksanaan PKM Pendampingan Sertifikasi Halal . Foto Tim Teknik Industri Itera--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Teknik Industri (TI) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Kemitraan.

Kegiatan PKM Dosen Teknik Industri Itera ini bertempat dipabrik produksi kerupuk ikan Palembang PD. Citra Tradia, Natar, Lampung Selatan pada hari Selasa, tanggal 20 Juni 2023.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemaparan materi dan pendampingan dalam upaya memperoleh Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS) untuk Sertifikasi Halal.

Hadir dalam kegiatan Tim PKM Teknik Industri Itera terdiri dari 7 orang dosen, 6 orang mahasiswa, pemilik dari PD. Citra Tradia beserta pegawai. 

Ketua Tim PKM Dosen Teknik Industri Itera, Muhammad Faishal Jundana Muttaqin,S.T.,M.T , melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan dengan penerapan beberapa prinsip yang dapat membantu pemenuhan syarat agar terbitnya SLHS.

BACA JUGA:Secara Aklamasi, Ahmad Alfian Terpilih sebagai Ketua DPC HNSI Lampung Timur Periode 2023 -2028

Seperti , penerapan prinsip 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) dan juga pemasangan visual display pada pabrik produksi PD. Citra Tradia. 

"Hal ini bertujuan agar mitra UMKM dapat dibantu mempersiapkan syarat-syarat untuk penerbitan sertifikat halal,"jelas Faishal.

Lebih rinci, Faishal , menjelaskan mengenai beberapa tahapan ataupun prosedur yang harus dilakukan oleh UMKM PD. Citra Tradia untuk penerbitan sertifikasi halal. 

Faishal juga mengajak pemilik berdiskusi mengenai produk yang telah mereka hasilkan dan bagaimana proses untuk menerbitkan sertifikasi halal.

BACA JUGA:Doa Agar Terhindar Dari Cobaan yang Berat dan Dimudahkan Dalam Segala Urusan

Materi kedua disampaikan oleh Ivan salah satu mahasiswa TI ITERA, Ivan juga mengatakan terdapat 14 persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi halal .

Adapun 14  persyaratan, yang dimaksud, yakni Lokasi dan lingkungan produksi, bangunan dan fasilitas, peralatan produksi, suplai air atau sarana penyediaan air. 

Lalu , fasilitas dan kegiatan higiene dan sanitasi,  kesehatan dan higiene karyawan,  pemeliharaan dan program higiene sanitasi karyawan, dan penyimpanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: